home Tempat Wisata, Wisata Jawa Tengah, Wisata Jepara Taman Nasional Karimunjawa Jepara, Pesona Bahari Yang Menakjubkan

Taman Nasional Karimunjawa Jepara, Pesona Bahari Yang Menakjubkan

Iklan Paket Wisata Jawa
Selamat Datang di Karimun Jawa
Selamat Datang di Karimun Jawa
PaketWisataJawa.com – Taman Nasional Karimunjawa Jepara merupakan gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa, mempunyai luas 111.625 Ha. Taman Nasional Karimunjawa ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut melalui SK Menhut No.123/Kpts-II/1986 kemudian pada tahun 1999 melalui Keputusan Menhutbun No.78/Kpts-II/1999 Cagar Alam Karimunjawa dan perairan sekitarnya seluas 111.625 Ha diubah menjadi Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Karimunjawa. Tahun 2001 sebagian luas kawasan TN Karimunjawa seluas 110.117,30 Ha ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan dengan Keputusan Menhut No.74/Kpts-II/2001 (Sumber Wikipedia).

Di sekitar pulau karimunjawa terlihat pemandangan alam laut dan bukit yang indah. Selain itu, tampak pula pasir putih yang membentang di sepanjang pantai. Di kawasan ini terdapat 242 jenis ikan hias dan 133 genera fauna akuatik.

Secara garis besar fauna yang ada di Kepulauan Karimunjawa terdiri atas 2 kelompok, yaitu kelompok daratan dan kelompok perairan. Kelompok daratan meliputi rusa, trenggiling, landak, ular, bangau tong-tong, bangau abu, elang laut, dan wedi-wedi. Burung elang laut merupakan satwa langka yang dapat dijumpai di kepulauan ini. Adapun kelompok perairan, meliputi terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu, dan ikan hias.

Sebagian besar pantai di Karimunjawa berpasir putih. Oleh karena itu, obyek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam, dan memancing. Kegiatan menyelam cocok dilakukan di Tanjung Gelam yang terletak di Karimunjawa, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Cemara Kecil. Sementara itu, kegiatan berenang di pantai dan berjemur cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil.

Ingin Paket Wisata Ke Karimunjawa Murah ??? Kunjungi Link ini ==>>> Promo Paket Karimunjawa

Masyarakat Sekitar Karimunjawa

Rumah Adat Masyarakat Karimunjawa
Rumah Adat Masyarakat Karimunjawa

Karimunjawa berpenduduk lebih dari 8.000 jiwa di lima pulau yang berpenghuni. Tiga suku utama yang menghuni Karimunjawa adalah suku Jawa yang bertani dan memproduksi alat kebutuhan rumah tangga, suku Bugis yang adalah pelaut andal sehingga berprofesi sebagai nelayan, dan suku Madura yang juga berprofesi sebagai nelayan tetapi memiliki kelebihan membuat ikan kering.

Lingkungan masyarakat di karimunjawa semakin berkembang salah satunya Pendidikan, di Karimunjawa pendidikan sudah menjangkau sampai tingkat SMU. Selain memiliki sekitar 10 SD (lima di Karimun, tiga di Kemujan dan masing-masing satu di Parang dan Genting), Karimunjawa juga memiliki satu SMP, Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan SMK Negeri jurusan Budidaya Rumput Laut serta Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan yang merupakan sekolah gratis, serta satu Madrasah Aliyah di Kemujan.

 

Objek Wisata Karimunjawa Jepara

Ada banyak obyek dan tempat wisata di karimunjawa, namun beberapa obyek wisata yang kerap di kunjungi oleh para wisatawan untuk berlibur di karimunjawa. Obyek wisata tersebut antara lain :

  1. Spot MAER (Tempat snorkeling)
    Terletak di sebelah barat pulau menjangan cilik (kecil). Di spot ini terdapat banyak sekali ikan-ikan hias aneka warna, terumbu karang yang sangat indah, dan juga tidak terlalu dalam. Tetapi karena tidak terlalu dalam membuat terumbu karang banyak yang mati, hal ini dikarenakan karang-karangnya banyak yang tersentuh atau terganggu oleh kegiatan wisatawan. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke spot ini membuat kelanjutan hidup terumbu karang jadi terganggu, apalagi tidak sedikit dari wisatawan itu tidak bisa beranang, sehingga terumbu karangnya banyak yang patah. Tapi untuk yang kedalamannya ledih dari dua meter, spot ini terumbu karangnya masih cukup indah. Untuk para wisatawan yang ingin bersnorkeling disana, harap hati-hati jangan sampai terluka dan jangan sampai merusak karang, khususnya yang belum bisa berenang.

    Snorkeling di Karimunjawa, Pesona Alam Bawah Laut
    Snorkeling di Karimunjawa, Pesona Alam Bawah Laut
  2. Spot Gosong Cemara
    Berada di sebelah timur pulau cemara gede (besar). Di spot ini anda bisa melihat juga  ikan-ikan hias tetapi tidak sebanyak di spot MAER, Spot ini lumayan dalam, terumbu karangnya masi asri, jika anda beruntung anda bisa melihat penyu ataupun biota-biota laut lainnya.
  3. Spot Nyamplungan
    Letaknya di sebelah barat pulau karimunjawa, Sama seperti 2 spot di atas, spot nyamplungan juga menawarkan keindahan bawah laut karimun jawa.
  4. Pantai Tanjung Gelam (pantai dan pulau)
    Pantai ini terdapat di sebalah barat pulau karimunjawa, pantai ini mempunyai pesona wisata yang sangat bagus, di sini anda bisa bermain pasir ataupun berenang di laut dangkal. Selain itu disini banyak makanan dan minuman yang disediakan para penjual di sana, atau anda juga bisa berfoto-foto bersama. Spot foto yang paling disukai wisatawan adalah pohon kelapa miring, hampir sebagian besar wisatawan yang ke karimunjawa menyempatkan diri berfoto di pohon kelapa ini. Pantai tanjung gelam juga bisa ditempuh lewat jalur darat kira-kira satu jam dari alun-alun karimunjwa.
  5. Pulau Tengah dan Pulau Cilik (Kecil)

    Objek Wisata Karimunjawa Jepara
    Objek Wisata Karimunjawa Jepara

    Pulau ini berada di sebelah timur pulau karimunjawa, perjalanan dari pulau karimunjawa kira-kira membutuhkan waktu 2 jam memakai kapal motor. Di samping kanan ataupun kiri pulau terdapat pula tempat-tempat snorkeling, dengan terumbu karang dan biota laut yang tak kalah indahnya. Jika anda beruntung anda akan melihat ikan lumba-lumba dalam perjalanan menuju pulau tersebut. Di tengah2 perjalanan, biasanya terlihat gundukan pasir yang terlihat jika air laut surut, tepatnya disebelah selatan pulau cilik. Untuk melihatnya dibutuhkan waktu kira-kira perjalanan 35 menit dari pulau karimunjawa, oleh masyarakat setempat gundukan pasir putih memanjang ini sering disebut dengan pulau gosong.

  6. Pulau Geleang
    Posisinya di sebelah barat pulau karimunjawa, di sini pantainya cukup luas, bersih dan indah. Anda bisa hanya berfoto ataupun bermain pasir di tempat ini. Selain itu pulau geleang juga sering dijadikan tempat untuk bakar ikan, karena pulaunya yang lumayan lebar.

    Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa Jepara
    Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa Jepara

 

Julukan Pulau Karimunjawa Jepara

Kepulauan Karimunjawa memiliki beberapa julukan, diantaranya :

  • Pulau Liburan
    Karimunjawa sangat cocok di jadikan liburan, setelah berbulan-bulan disibukan oleh pekerjaan, sehingga Karimunjawa bisa menyegarkan pikiran. Di Karimunjawa seakan liburan sepanjang waktu, dikarenakan alamnya yang indah nan eksotis.
  • The Paradise of Java
    Karimunjawa terdapat alam yang masih hijau, alami dan asri. Keasrianya itu menjadikan wisatawan betah di Karimunjawa karena suasana yang ramah masyarakatnya, udara masih bersih, bagaikan surganya Pulau Jawa karena masih masuk dalam administrasi Pulau Jawa.
  • Caribbean van Java
    Keindahan Kepulauan Karimunjawa keindahanya seperti di Karibia. Karimunjawa mempunyai kesamaan lain dengan Karibia yaitu terdiri dari beberapa pulau kecil, oleh karena itu Belanda memberi julukan sebagai Caribbean van Java.

Transportasi Menuju Karimunjawa

Kapan Kartini Tranportasi Menuju Karimunjawa
Kapan Kartini Tranportasi Menuju Karimunjawa
Untuk liburan atau pergi menuju karimunjawa ada dua cara dan pilihan, yaitu anda bisa berangkat menggunakan kapal dari Semarang dan Jepara. Jika Anda dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Anda bisa menggunakan kapal Kartini I yang berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lama penyebrangan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

 

Namun jika Anda berangkat dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara, Anda bisa menggunakan Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali, lama penyebrangan kapal kelas ekonomi ini membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Yang perlu diperhatikan, untuk jadwal kapal dari pelabuhan Jepara biasanya berangkat hari selasa, kamis, dan sabtu jam 9 pagi dan dari Karimunjawa menuju Jepara yaitu hari rabu, jumat, dan minggu jam 8 pagi. Jadwal ini bisa berubah tergantung cuaca atau ombak di laut jawa. Dan jika seandainya terjadi gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin pelayaran, dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca.

 

Jika Anda ingin lewat jalur udara untuk menuju Karimunjawa, Anda bisa menyewa pesawat dengan jenis CASSA 212 yang berangkat dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan yang jelas waktu yang ditempuh lebih cepat, yaitu sekitar 30 menit.
Baca Juga Wisata Bahari :

Akomodasi & Fasilitas Karimunjawa

Akomodasi Hotel di Karimunjawa
Akomodasi Hotel di Karimunjawa

Ada beberapa fasilitas dan akomodasi hotel yang ada di Obyek Wisata Karimunjawa Jepara yaitu Kura Kura Resort, Wisma Apung, Escape Romantic Beach Hotel, Karimunjawa Inn, Dewandaru Resort, Blue Laguna Inn, Puri Karimunjawa, dan Homestay Dafista.

 

Baca Tempat Wisata Menarik Lainnya :

Comments

comments

One thought on “Taman Nasional Karimunjawa Jepara, Pesona Bahari Yang Menakjubkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *