home Tempat Wisata, Wisata Jawa Timur, Wisata Malang, Wisata Probolinggo Keindahan Alam Objek Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Keindahan Alam Objek Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Iklan Paket Wisata Jawa
Pesona Keindahan Gunung Bromo
Pesona Keindahan Gunung Bromo

PaketWisataJawa.comGunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata alam gunung yang menjadi iconnya obyek wisata jawa timur karena pesona keindahan pada gunung ini. Gunung Bromo mempunyai ketinggian sekitar 2.329 mdpl yang berada di empat wilayah kabupaten di jawa timur, yaitu Kabupaten Probolinggo, kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Salah satu gunung indonesia yang masih aktif ini memang mempunyai pesona yang luar biasa, walaupun tidak sebesar dari gunung-gunung lainya di jawa timur, seperti gunung semeru, gunung argopuro, gunung arjuno dan lainnya Obyek Wisata Bromo mempunyai nama yang sudah terkenal di penjuru dunia, di dukung oleh beberapa tempat wisata lainnya yang ada di sekitarnya menjadikan gunung bromo sebagai tempat wisata yang unik dan menarik.

Obyek Wisata Gunung Bromo

Wisata Berkuda di Obyek Wisata Bromo
Wisata Berkuda di Obyek Wisata Bromo

Bromo berasal dari nama salah satu Dewa Utama Agama Hindu “Brahma” termasuk berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu Kawasan hutan yang berfungsi sebagai cagar alam dan hutan wisata, berfungsi sebagai hutan lindung dan hutan produksi. Obyek wisata utama yang di tawarkan adalah Pesona Matahari Terbit, keindahan panorama alam ketika matahahari terbit sangat memukau dan memanjakan para pecinta wisata gunung, Pemandangannya sangat menakjubkan dimana kita akan melihat pesona alam dengan latar belakang Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan.

Tempat Wisata Bromo juga memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar dengan suhu udara di puncak Gunung Bromo berkisar 2o hingga 20o Celcius. Dihamparan lautan pasir yang luas gunung bromo kita bias Berkuda dengan menyewa di persewaan kuda bisa juga anda menyewa Guide Tour untuk menemani berkuda. Selain persewaan kuda kita bias juga menyewa Jeep untuk berwisata mengunjungi beberapa tempat destinasi Wisata Bromo.

Akses Menuju Obyek Wisata & Destinasi Bromo

Penanjakan Gunung Bromo
Penanjakan Gunung Bromo

Untuk menikmati keindahan alam yang di tawarkan Obyek Wisata Gunung Bromo kita bisa memilih beberapa jalur transportasi, kawasan obyek wisata ini sangat mudah untuk di jangkau dengan menggunakan kendaraan mobil, bus atau sepeda motor. Apabila kita berasal dari luar Jawa Timur kita bisa transit dulu di Surabaya bisa di Bandara atau Stasiun Kereta Api, kemudian bias melanjutkan perjalanan menuju rute sesuai akses yang ingin di lalui, akses yang bias kita lewati untuk menuju Taman Nasional BromoTengger Semeru antara lain :

  1. Apabila kita dari Kabupaten Lumajang kita bias menempuh perjalanan dari kota Lumajang menuju kecamatansenduro, kemudian meneruskan perjalanan menuju desa Ranu Pane, setelah menuju Ranu Pane kita akan melewati bukit untuk menuju ke kawasan Jemplang, dari kawasan Jemplang ini kita bias melihat pemandangan gunung Bromo dari kejauhan.
  2. Jika melewati jalur Malang, kita bisa menempuh perjalanan dari Kota Malang menuju kecamatan Tumpang – Kab. Malang, dari sini perjalanan kita akan diteruskan ke desa Bulak Klakah dan akan bertemu dengan jalur yang melewati Lumajang, yaitu kawasan Jemplang dan kemudian di lanjutkan melewati padang savana gunung bromo.
  3. Melalui Jalur Pasuruan, kita bisa memulai dari kota Pasuruan menuju ke kecamatan Wonorejo, kemudian melanjutkan ke kecamatan Warung Dowo dan kemudian ke kecamatan Tosari selanjutnya menuju desa Wonokitri, selanjutnya menuju Penanjakan Gunung Bromo.
  4. Jalur Probolinggo, jalur ini adalah jalur utama dan merupakan jalur favorit para wisatawan, kita akan menikmati keindahan alam selama perjalanan ke gunung Bromo. Jalur ini kita mulai dari Kota surabaya menuju Kabupaten Pasuruan menyusuri jalan pantura kemudian memasuki kabupaten Probolinggo. Selanjutnya kita akan menemukan pertigaan kecamatan Tongas dan di lanjutkan menuju Lumbang. Perjalanan dilanjutkan menuju kecamatan Sukapura mengikuti jalan menuju desa Cemoro Lawang dan di desa ini kita menuju pintu utama untuk memasuki kawasan gunung Bromo.

Akomodasi dan Fasilitas Obyek Wisata Gunung Bromo

Panorama Gunung Bromo
Panorama Gunung Bromo

Perkembangan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang semakin maju dan perhatian pemerintah daerah serta dukungan masyarakat sekitar untuk mengembangkan obyek wisata yang populer di Jawa Timur ini menjadikan Akomodasi dan Fasilitas selalu di kembangkan, Tersedia penginapan, hotel, restoram dan kios-kios souvenir di obyek wisata yang satu ini. Ada sejumlah guesthouse dan hotel murah di seputar wisata Bromo.
Berbagai fasilitas seperti hotel berbintang 4, losmen atau villa dapat kita temukan di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Hotel terdekat dengan lokasi wisata Gunung Bromo yang bisa kita booking antara lain BJ Perdana Hotel, Villa Biru, Lie Mas Hotel dan Villa Apel.

Baca Tempat Wisata Menarik Lainnya :

Comments

comments

3 thoughts on “Keindahan Alam Objek Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *