Panduan Jalur Pendakian Gunung Argopuro
Panduan Jalur Pendakian Gunung Argopuro

Gunung Argapura, Panduan Trek Pendakian Jalur Bremi Probolinggo

Diposting pada

PaketWisataJawa.comGunung Argapura dalam bahasa jawa “argopuro” terletak di jawa timur tepatnya di wilayah perbatasan kabupaten Probolinggo, Situbondo, Jember dan Bondowoso. termasuk dalam jenis  gunung berapi yang tidak aktif lagi dan dan puncak tertingginya adalah  3.088 mdpl.

Secara geografis gunung argapura terletak diantara dua gunung  yaitu gunung semeru (gunung tertinggi di pulau jawa) dan gunung raung (trek tersullit) dan masih dalam kawasan pengunungan iyang. Argopuro adalah gunung yang mempunyai trek perjalanan terpanjang dipulau jawa. Puncak gunung argapura adalah kawah yang sudah mati bau belerang masih bisa dirasakan disekitar puncak.

Trek Pendakian Gunung Argapura Jalur Bremi

Perkebunan Anyer Dingin, Trekking Dimulai
Perkebunan Anyer Dingin, Trekking Dimulai (From : Pecinta-Alam.com)

Para pendaki yang mau mendaki ke gunung argapura diharuskan untuk melapor ke petugas setempat (pak polisi lo). Awal pendakian dimulai dari sini ” kantor polisi” langkahkan kaki menuju turunan sampai ketemu pertigaan perkebunan ayer dingin. ikuti rambunya setelah melewati perkebunan sobat akan disambut oleh kawasan hutan damar setelah berjalan kurang lebih 2 jam di spot ini sobat akan sampai pada wilayah perbatasan hutan suaka.

Danau Taman Hidup, Tempat Peristirahatan yang Keren
Danau Taman Hidup, Tempat Peristirahatan yang Keren (From : ruliamrullah.wordpress.com.jpg)

Sedikit agak waspada ketika berjalan menempuh kawasan hutan, dikarenakan masih banyak di huni babi hutan. Treknya lumayan terjal dan hutannya lumayan lebat. Setelah sampai puncak bukit ada sebuah persimpangan, lurus menuju puncak belok kanan menuju kawasan danau taman hidup. Hati- hati jika berada di tepian danau karena berupa rawa berlumpur. jika ingin mengambil air, ambillah dari jembatan kayu yang di tepi danau.

Hutun Lumut, Pohon yang Lebat dengan Banyaknya Lumut
Hutun Lumut, Pohon yang Lebat dengan Banyaknya Lumut (From : Pecinta-Alam.com)

Setelah melewati Danau Taman Hidup perjalanan berlanjut masih kawasan hutan semakin tingggi semakin lebat, pohon-pohon banyak ditumbuhi lumut. kawasan ini disebut dengan HUTAN LUMUT karena kondisi sebagian besar pohon-pohonnya di tumbuhi lumut. Setelah melibas kawasan hutan lumut berikutnya adalah masih kawasan hutan namun tidak seperti hutan lumut. Pohon-pohonya tidak begitu lebat sehingga sinar mentari lumayan menerangi kawasan ini, banyak tumbuhan herbal dan rumput tumbuh subur diwilayah ini.

Lereng Kali Putih yang di Penuhi dg Batu-batu Besar
Lereng Kali Putih yang di Penuhi dg Batu-batu Besar (From : Pecinta-Alam.com)

Trekking berikutnya adalah kawasan lereng yang dipenuhi batu-batu besar. kemudian melewati tiga sungai dengan cara menuruni sungai dan naik lagi keatas bukit lagi.tidak banyak pepohonan dikawasan ini. Sering kali banyak hewan lutung bergelantungan diatas pohon ditrek ini.

Satu jam berikutnya kita akan sampai pada wilayah yang banyak ditumbuhi rumput lumayan tinggi. jalan setapak banyak yang tertutupi oleh rumput-rumput liar. sekitar 30 menit melintasi area ini kita akan sampai pada wilayah sungai (kali putih) bagi yang pengen istirahat silahkan dirikan tenda si sekitar kali.

Lintasan selanjutnya adalah kawasan hutan cemara yang banyak ditumbuhi rumput-rumput tinggi. sekitar berjalan satu jam sampailah kita pada kawasan pada padang rumput  gimbal. Rumput-rumput disini banyak yang berbentuk keriting dan tumbuh secara bergerombol. perjalanan memutar mengelilingi bukit kemudian sampailah kita pada wilayah sicentor.

Beristirahat di Shelter Cisentor
Beristirahat di Shelter Cisentor (From : Pecinta-Alam.com)

Sicentor adalah kawasan dimana jalur pendakian bremi dan baderan bertemu. para pendaki bisa istirahat dan mendirikan disini atau langsung menuju puncak.lintasan selanjutnya adalah perbukitan padang rumput dan padang edelwis kemudian akan ketemu sungai kering.

Setelah melintasi dua sungai kita akan kembali menemui padang ramput dan edelwis yang sangat indah. Satu jam berikutnya kita akan sampai pada rawa embik. untuk menuju puncak belok kiri. lanjut kekiri untuk menuju Puncak Gunung Agopuro.

Puncak Agopuro
Puncak Agopuro

 

Pemandangan Alam di Puncak Argopuro
Pemandangan Alam di Puncak Argopuro (From : jimzzz.wordpress.com)

 

Peta Jalur Pendakian Gunung Argoruro
Peta Jalur Pendakian Gunung Argapura
Gambar Gravatar
Jika kamu sedang mencari ide kreatif, keluarlah dan berjalan kaki. Malaikat berbisik kepada manusia, ketika dia pergi untuk berjalan kaki. (Raymond Inmon)

Tinggalkan Balasan