Green Canyon Ciamis Jawa Barat

Green Canyon Pangandaran, Tempat Pariwisata Alam Yang Eksotis

PaketWisataJawa.comGreen Canyon Pangandaran adalah obyek wisata yang menarik, ketika kita mendengar Kawasan Pariwisata luar negeri yang mempunyai fenomena alam yang sangat eksotis maka kita akan menebak kawasan itu bernama Grand Canyon.

Tempat pariwisata yang mempunyai fenomena alam yang sangat eksotis, karena terdapat aliran Sungai Colorado yang di apit oleh tebing tinggi yang membentuk jurang. Pulau Jawa juga mempunyai Daerah yang mirip Grand Canyon yaitu Green Canyon atau di sebut juga Cukang Taneuh.

Objek Wisata Green Canyon Pangandaran

Ketika kita Berlibur di Jawa Barat dan ingin mencari sensasi liburan berbeda, Green Canyon Pangandaran adalah salah satu tempat wisata yang tepat. Lokasi yang unik yang terbentuk dari Sungai Cijulang dan tebing tinggi sangat menarik untuk dicoba. Arung jeram, kano, berenang, menyelam dan panjat pinang merupakan kegiatan liburan yang asyik untuk dicoba pada kawasan objek wisata Cukang Taneuh.

Pesona Green Canyon Pangandaran Jabar
Pesona Green Canyon Pangandaran Jabar

Hal utama yang menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah berpetualang dengan perahu kecil atau “ketinting”. Awal berpetualang berada di Dermaga Ciseureuh. Sungai yang mempunyai pemandangan tebing menjulang tinggi dipadu dengan pemandangan pepohonan dan air sungai berwarna hijau merupakan suguhan yang sangat eksotis. Jika Anda beruntung, anda dapat berjumpa dengan hewan penghuni Sungai Cijulang seperti biawak, ular kadut, dan monyet.

Jika anda penasaran ingin Memasuki gua stalaktif dan stalagmit yang menghiasi gua, anda bisa mencoba berenang menggunakan pelampung kedalam goa. Pemandangan di dalam goa akan lebih menakjubkan. Masyarakat setempat menyebutnya Zona Hujan Abadi, sebab walaupun musim kemarau, aliran air seperti hujan tidak pernah berhenti.

Mengelilingi Keindahan Alam Yang Eksotis dengan Perahu
Mengelilingi Keindahan Alam Yang Eksotis dengan Perahu

Yang lebih menarik lainnya adalah menyelami sungai dan kita akan disuguhi pemandangan bawah dasar goa dengan beberapa spesies ikan yang hidup di dalamnya. Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke salah satu Obyek Wisata Ciamis ini yaitu pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan Mei sampai September.

Tempat dan Lokasi Green Canyon atau Cukang Taneuh

Green Canyon Indonesia berada dikawasan wisata Jawa Barat, tepatnya di Desa Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Ciamis, Jawa Barat. Berjarak sekitar 130 Km dari Kota Ciamis dan berjarak kurang lebih 31 Km dari Pangandaran.

Sebelumnya daerah ini bernama Cukang Taneuh atau “Jembatan Tanah”. Nama Cukang Taneuh oleh orang jawa diambil dari nama suatu kondisi dimana ada sebuah jembatan tanah di hulu aliran sungai Cijulang. Tahun 1993, dua orang wisatawan mancanegara asal Prancis yang pada saat itu berkunjung ke Cukang Taneuh dan menyebutnya dengan nama Green Canyon. Kemudian nama Cukang Taneuh lebih populer dengan nama Green-Canyon sampai saat ini.

Berlibur Bersama di Green Canyon Ciamis
Berlibur Bersama di Green Canyon Ciamis

 

Perbedaan Grand Canyon dan Green Canyon sendiri berada di pemandangan alamnya. Jika Grand Canyon didominasi warna coklat dan merah, Green Canyon Pangandaran didominasi warna hijau.

Fasilitas dan Akomodasi Green Canyon Pangandaran

Akses menuju lokasi Pariwisata ini kurang lebih berjarak 31 Km dari pantai Pangandaran, jika anda dari Ciamis kurang lebih berjarak 390 Km. Setelah sampai dermaga Ciseureuh, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Sungai Cijulang dengan perahu kecil sampai ke Goa Green Canyon yang berjarak kurang lebih 3 Km. Untuk menyewa perahu kecil anda di kenakan biaya sekitar Rp. 100.000,-.

Dimulai dari dermaga Ciseureuh sebagai tempat pelabuhan perahu-perahu kecil untuk mengantarkan ke Lokasi Green Canyon Pangandaran disini terdapat banyak fasilitas seperti tempat bermain, tempat ibadah, toilet umum, warung makan dan toko souvenir dan oleh-oleh, sedangkan untuk Penginapan di sekitar kawasan dermaga terdapat beberapa hotel dan homestay untuk tempat beristirahat.

Baca Tempat Wisata Menarik Lainnya :

Pantai Batu Karas Pangandaran, Tempat Berselancar untuk Para Pemula
views 85
PaketWisataJawa.com - Pantai Batu Karas Pangandaran merupakan salah satu objek wisata pantai yang terletak di Pangandaran. Tepatnya berada Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berjarak sekitar 35 ...
Museum Trinil Ngawi, Situs Fosil Makhluk Purba yg Berumur Ribuan Tahun
views 109
PaketWisataJawa.com - Museum Trinil Ngawi merupakan salah satu objek wisata sejarah yang terdapat di Ngawi, tepanya di Dusun Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Berjarak sekitar 15 km dari sebela...
Taman Wisata Kopeng, Liburan Bersama Keluarga yang Mengasyikkan
views 124
PaketWisataJawa.com - Taman Wisata Kopeng merupakan salah satu wisat yang terletak di desa kopeng di Semarang dan memiliki potensi di bidang pertanian. Letak desa ini berada di lereng gunung Merbabu sehingga tanahnya sangat subur ...
Bukit Cinta Semarang, Antara Legenda, Mitos dan Keindahan Danau Rawa P...
views 257
PaketWisataJawa.com - Bukit Cinta Semarang merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kota Semarang, tepatnya berada di Jalan raya Ambarawa- Banyubiru, Desa Kebundowo, Kecamatan Banyubiru, Ungaran Semarang, Jawa Tengah. Be...
Taman Wisata Wonderia Semarang, Tempat Rekreasi Keluarga yang Seru
views 129
PaketWisataJawa.com - Taman Wisata Wonderia Semarang adalah salah satu wahana wisata dan rekreasi untu keluarga yang berada di Semarang, tepatnya berada di Jln. Sriwijaya, No. 29 Semarang, Jawa Tengah. Taman wisata ini diresmikan ...
Curug Sawer Majalengka, Keunikan Wisata Alam 5 Curug yang Istimewa
views 611
PaketWisataJawa.com - Curug Sawer Majalengka merupakan salah satu tempat wisata alam yang terdapat di Majalengka, tepatnya di Desa Argalingga, Argapura, Majalengka, Jawa Barat. Berjarak 22 km dari pusat keramaian kota Majalengka s...
Jatim Park 2 Malang, Wahana Belajar dan Bermain Yang Menarik Untuk Ana...
views 159
PaketWisataJawa.com - Jatim Park 2 malang merupakan salah satu wahana rekreasi dan belajar yang terdapat di Kota Batu, tepatnya berada di Jalan Oro-oro Ombo, No. 9 Batu, Malang, Jawa Timur. Berjarak 750 meter dari Tempat Wisata Ja...
Taman Nasional Alas Purwo, Padang Savana Afrika Yang Ada Di Indonesia
views 498
PaketWisataJawa.com - Taman Nasional Alas Purwo mempunyai nama Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan pada sebelumnya dan sekarang Alas Purwo atau nama lengkapnya Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) merupakan salah satu tempat wisata di...

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *