home Tempat Wisata, Wisata Jawa Tengah, Wisata Semarang Menikmati Kesejukan Wisata Alam Candi Gedong Songo Ungaran

Menikmati Kesejukan Wisata Alam Candi Gedong Songo Ungaran

Iklan Paket Wisata Jawa
Menikmati Kesejukan Wisatata Candi Gedung Songo
Menikmati Kesejukan Wisatata Candi Gedung Songo

PaketWisataJawa.com – Candi gedong songo merupakan salah satu objek wisata yang terletak di dusun Darun, tepatnya desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Alasan disebut candi gedung songo adalah istilah dari bahasa Jawa yang bermaksud sebuah bangunan atau candi yang berjumlah sembilan .

Candi gedong songo memiliki letak yang strategis, tepatnya di ketinggian 1.200 m dari permukaan laut di lereng gunung Ungaran Semarang. Para wisatawan dari berbagai penjuru mampu mengakses dengan mudah tempat wisata, menikmati dan merasakan pemandangan serta fasilitas yang disediakan di sekitar kawasan wisata candi gedong songo sehingga para pengunjung merasa puas dan enggan meninggalkan tempat wisata candi gedong songo.

Selain keindahan alam, udara sejuk dengan hembusan angin sepoi dapat dinikmati para wisatawan di candi gedung songo karena sekitar 19° – 27° Celcius dari keadaan yang ada mampu membuat jiwa pengunjung menjadi tenang, damai, nyaman dan menyenangkan.

Candi gedong songo memiliki letak yang berbeda dari satu candi dengan candi yang lain. Untuk menuju candi-candi tersebut para pengunjung mampu menempuh dengan jalan kaki, dapat pula ditempuh dengan naik kuda, keduanya dapat dilakukan sambil menikmati fasilitas dengan disertai suasana keindahan alam yang luar biasa eloknya.

Baca Juga Obyek Wisata Alam Lainnya :

Sejarah Candi Gedong Songo

Pesona Candi Gedong Songo
Pesona Candi Gedong Songo

Sejarawan menjelaskan dari hasil penelitian bahwa Candi gedong songo merupakan bangunan peninggalan dari zaman Hindu Pada tahun 1740 M, candi-candi tersebut ditemukan oleh Sir Thomas Raffels. Gedong yang terdiri dari sembilan bangunan candi ini sebelumnya ditemukan hanya berjumlah tujuh sehingga disebut dengan istilah bahas Jawa adalah candi gedong pitu.

Penyebutan nama candi gedong pitu telah lama dikenal dan berlangsung kurang lebih seribu tahun. Pada tahun 1908-1911, Van Stein Callenfels seorang arkeolog yang berasal dari Belanda melakukan penelitian di sekitar candi gedong pitu. Tiga tahun dalam penelitiannya akhirnya beliau menemukan dua candi lagi yang terletak di sekitar candi pitu. Penambahan dua gedong (candi), digabungkan dengan tujuh candi yang ditemukan oleh Raffels sehingga jumlahnya menjadi sembilan dan resmi dinamakan candi gedong songo hingga pada saat ini.

Bangunan candi satu dengan candi lain yang terdapat di tempat wisata candi gedong songo memiliki jarak yang tidak terlalu jauh sehingga para wisatawan mudah menempuh dan mengelilingi kesembilan candi tersebut. Masing-masing candi dari candi gedong songo memiliki sejarah, bentuk serta keunikan yang berbeda.

Jarak yang ditempuh ke candi Gedung songo

Candi Gedung Songo dan Gunung
Candi Gedung Songo dan Gunung

Jika anda atau para wisatawan berada dalam keramaian Ambarawa, maka untuk menuju wisata candi gedong songo masih membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit. Adapun para pengunjung yang sudah berada di New Bandungan tinggal 10 menit lagi untuk sampai di wisata candi sango. Hati-hati bagi anda para pengunjung karena kondisi jalan yang penuh dengan tanjakan sehingga para pengunjung harus lebih waspada. Namun dalam sisi kondisi perjalanan lancar.

Adapun jarak yang ditempuh dari berbagai arah adalah sebagai berikut :

  • Jarak dari kota Semarang menuju tempat wisata candi gedong songo: 45 KM
  • Jarak dari kota Ambarawa menujutempat wisata candi gedong songo: 15 KM
  • Jarak dari kota Ungaran menuju tempat wisata candi gedong songo: 25 KM

Rute menuju wisata Candi gedong songo

Pemandangan Gedong Songo Bandungan
Pemandangan Gedong Songo Bandungan

Bagi para wisatawan, jangan khawatir dimanapun anda berada mampu mendatangi tempat wisata candi gedong songo dengan mudah karena rute menuju tempat tersebut dapat melalui berbagai jalur baik dari Kendal, Semarang, Solo maupun Jogja.

Jika anda berada di kota Kendal, Pekalongann, Batang atau Jakarta. Ada dua jalur yang dapat anda tempuh menuju tempat wisata candi geding songo. Pertama, jalur dari pertigaan Kaliwungu Kendal menuju Sumowono, yaitu dimulai dari arah tersebut lurus hingga pertigaan Boja (Lampu merah), belok kiri, kemudian anda dapat berjalan lurus sampai bertemu dengan perempatan ambil kanan, jalan lurus sampai pada Sumowono. Dari pasar Sumowono terdapat pertigaan, namun tetaplah anda berjalan lurus sampai Kaloran Temanggung, kemudian masih berjalan lurus hingga menemukan Pom bensin Palbapang Sumonowo, disitulah terdapat pertigaan lagi ambil arah ke kiri hingga menemukan kawasan wisata candi gedong songo.

Kedua, melalui jalur Semarang Kota. Anda dapat berjalan sesuai jalur menuju Solo atau Jogja, dalam perjalanan anda akan menemukan Pom bensin Lemah Abang yang di depannya terdapat pertigaan kemudian belok kanan dengan mengambil jalur ke Bandungan, jalan lurus dan akan menemukan pertigaan kedua kemudian ambilllah belok ke kiri, jalan lurus hingga anda menemukan Pom Bensin Palbapang Sumowono dan disitulah terdapat pertigaan lagi kemudian ambil kanan, jalan lurus dan sampailah anda pada kawasan wisata candi gedong songo.

Jika anda berada di kota Magelang, Yogyakarta atau Jogja, ambillah jalur menuju Semarang, setelah sampai di Ambarawa terdapat pertigaan yang jaraknya tidak jauh dari tempat wisata Palagan Ambarawa. Di pertigaan tersebut ambillah jalur ke kiri dan berjalan lurus hingga menemukan pertigaan Bandungan, ambil kiri lagi dan jalan lurus hingga menemukan Pom Bensin Sumowono kemudian ambillah arah ke kanan jalan lurus ketemulah anda di kawasan wisata candi gedong songo.

Jika anda berada di kota Solo menuju tempat wisata candi gedong songo ikutilah jalur menuju Semarang. Setelah sampai di terminal Bawen terdapat pertigaan ambil ke kiri jalur menuju Ambarawa. dari Ambarawa terdapat pertigaan (pertigaan paoline) ambil ke kanan, jalan lurus hingga pertigaan Bandungan kemudian belok kiri dan jalan hingga menemukan Pom bensin Palbapang Sumowono yang di depan pom tersebut terdapat pertigaan ambil kanan jalan lurus maka anda akan sampai pada kawasan wisata candi gedong songo.

Harga tiket masuk di wisata candi gedong songo

Tangga Untuk Bejalan Naik di Candi Gedong Songo
Tangga Untuk Bejalan Naik di Candi Gedong Songo

Bagi para wisatawan pengunjung wisata candi gedong songo, tidak perlu resah dengan biaya yang anda keluarkan karena harga tiket masuk sangat terjangkau. Bagi wisatawan lokal ukuran orang dewasa atau anak-anak di atas 5 tahun Rp. 6000 pada hari biasa. Sedangkan bagi wisatawan asing Rp. 50.000. Jika anda sudah terasa capek berjalan mengelilingi kawasan candi songo, ada solusi lain yaitu disediakannya jasa naik kuda untuk berjalan mengelilingi sambil menikmati pemandangan di kawasan wisata candi songo tersebut. Adapun harga jasa naik kuda di paket wisata candi songo adalah sebagai berikut:

  1. Untuk wisata desa Rp 25.000 (wisatawan asing Rp 35.000)
  2. Untuk dapat Menikmati Air panas Rp 60.000 (Wisatawan asing Rp 70.000)
  3. Jalan menuju candi dua Rp 40.000 (Wisatawan asing Rp 50.000)
  4. Paket candi songo Rp 70.000 (wisatawan asing Rp 90.000)

 

 

 

Baca Tempat Wisata Menarik Lainnya :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *