Waduk Gunung Rowo Pati, Bendungan Eksotis Nan Indah yg Menarik Wisatawan

Pesona waduk Gunung Rowo Pati JaTeng

PaketWisataJawa.comWaduk Gunung Rowo Pati merupakan salah satu wahana wisata alam yang terdapat di Pati, tepatnya di Desa Situluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Waduk ini berada di antara beberapa puncak bukit Sebelah Timur lereng Gunung Muria. Berkoordinat 6°35′LU111°1′BT, dan berjarak sekitar 20 km dari pusat keramaian Kota Pati sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan.

Letak tempat wisata waduk gunung rowo sangat strategis sehingga dapat ditempuh dari sisi manapun anda berada, dapat pula ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Kondisi jalan tempat wisata juga sudah baik sehingga perjalanan anda tidak terganngu dan lancar.

Akses Menuju Lokasi Waduk Gunung Rowo

Untuk menuju tempat wisata waduk gunung rowo anda akan melewati sat jalur utama tanpa melalui persimpangan jalan yang sulit. Nah bagi anda yang menggunakan kendaran umum, anda dapat naik bus menuju terminal Pati, dari sana anda dapat naik angkutan umum hingga tempat tujuan tempat wisata waduk Gunung Rowo. Namun, jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda cukup berjalan dengan melewati daerah Tlogowungu menuju Jolong Pati, dari sana ikutilah petunjuk arah hingga sampai di tempat wisata waduk gunung rowo. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan elok Kota Pati dengan melewati perumahan dan hijaunya tumbuhan yang berada di kanan kiri jalan.

Keberadaan Waduk gunung rowo sudah lama bahkan sejak zaman sebelum Indonesia merdeka. Menurut catatan yang berada di kantor Dinas Pemukiman dan Prasarana Daerah setempat, waduk ini dibangun pada tahun 1928 oleh Pemerintahan Belanda. Seluas kurang lebih 320 ha waduk ini mampu menampung air sekitar 5,5 juta meter kubik sehingga mampu mengairi area persawahan seluas 10.000 hektar.

Objek Wisata di Waduk Gunung Rowo Pati

Waduk gunung rowo merupakan tempat yang telah memberikan manfaat pada sejuta ummat, karena selain waduk ini merupakan bendungan air yang dapat mengairi sawah, waduk ini juga dapat dijadikan sebagai sumber pencaharian, dimana banyak masyarakat sekitar yang berfrofesi sebagai nelayan mampu menjala dan mengambil ikan di setiap harinya. Tidak hanya itu, waduk gunung rowo juga dijadikan sebagai salah satu wahana wisata alam yang berada di kota Pati. Dimana, para pengunjung yang datang dapat melihat kecantikan waduk yang berlatar belakang gunung muria.

Objek wisata Waduk Gunung Rowo memiliki keindahan alam yang sangat eksotis sehingga mampu menarik perhatian para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisata asing. Tempat wisata ini dikelola oleh pemerintahan Daerah setempat sehingga mampu menyuguhkan keindahan alam yang khas dengan adanya hamparan air jernih yang mampu menenangkan jiwa, hijau pepohonan menghiasi waduk juga mampu menghipnotis pandangan, gemilir angin tersepoi yang mampu menyejukkan pikiran, suasana tentram dan nyaman mampu menghilangkan semua kepenatan, luar biasa indahnya ciptaan Tuhan sang pencipta alam.

Bagi anda para wisatawan yang datang ke tempat wisata waduk gunung rowo, anda dapat berlibur dengan menikmati semua keindahan alamnya, di sini anda dapat memancing ikan sepuasnya, dapat pula menimati makanan dan minuman yang berada di warung sepanjang sisi waduk. Selain itu, di pinggir waduk juga disediakan beberapa gardu dan gazebo, dimana para pengunjung dapat bersantai dan beristirahat.

Di sebelah Timur tempat wisata waduk gunung rowo juga dibangun tanggul yang berfungsi sebagai tanggul penahan air sekaligus sebagai jalan raya yang dapat dilewati kendaraan untuk melintasi waduk, di sana anda dapat melihat indahnya laut Jawa secara jelas.

Fasilitas di Kawasan Wisata Waduk Gunung Rowo

Tempat wisata waduk gunung rowo pati sangat ramai di waktu hari libur,karena biasanya para pelajar, pekerja dan keluarga telah menghabiskan waktu liburannya dengan bersantai, berkumpul dan bermain di tempat yang tenang, sehingga mereka juga memadati waduk ini, terutama bagi mereka yang hobi dengan memancing.

Jangan lupa yach, abadikan moment kebersamaanmu bersama keluarga atau teman dengan berpose berbagai gaya di setiap sisi indah waduk. Selain sebagai kenag-kenangan dapat juga sebagai koleksi foto pribadi anda kan. Kabar gembira bagi anda para wisatawan bahwa tempat wisata waduk gunung rowo ini telah dibuka setiap hari untuk umum, untuk konstribusi tiket masuk juga tidak mahal loch, cukup dengan Rp. 2.000 anda dapat menimkmati keindahan waduk sepuasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.