Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong, Wisata Bernuansa Film Sun Go Kong

PaketWisataJawa.com – Vihara Buddhagaya Watugong merupakan Objek wisata religi yang bernuansa film Sun Go Kong si Raja Kera yang sangat lincah dan nakal dan para dewanya sangat kental di area obyek wisata satu ini, dari detail ornamen, patung, sampai dengan taman pun seakan kita tidak sedang berada di kawasan indonesia.

Semarang mempunyai tempat destinasi wisata yang banyak, mulai dari destinasi wisata bahari, wisata alam, wisata rekriasi dan wisata sejarah. Destinasi wisata sejarah dan Religi semarang mempunyai tempata wisata yang bisa kita kunjungi seperti wisata lawang sewu, wisata kota lama, wisata Sam Poo Kong dan wisata religi yang berbau pecinan yaitu Vihara Buddhagaya Watugong.

Vihara Buddhagaya Watugong masih berada dalam area kawasan Kota Semarang Jawa Tengah sangat mudah dijangkau dan tepat dipinggir jalan raya sehingga menjadikan Vihara ini sebagai objek wisata religi antar lintas agama.

Objek Wisata Vihara Buddhagaya Watugong

Objek wisata yang mencolok dan menjadi ikon adalah Pagoda Avalokistesvaanya (Metta Karuna artinya kasih sayang) karena memiliki ketinggian 45 m, berbentuk segi delapan dengan ukuran 15×15 meter dan di bangun menjadi tujuh tingkat dengan kontruksi bangunan terbuat dari beton kuat.

Pohon Bodhi yang menaungi patung Buddha

Vihara Buddhagaya Watugong semarang merupakan sebuah tempat persembahyangan berdiri di atas lahan seluas 2,25 hektare. Diperkirakan Vihara yang berada di Watugong ini merupakan wihara pertama dalam penyebaran agama Budha di Pulau Jawa, setelah kejatuhan Kerajaan Majapahit. Dan ajaran Budha di Watugong dibawa biksu asal Srilangka, Narada.

Komplek vihara yang di tata rapi dan bersih serta di padukan dengan keasrian lingkungannya serta di padukan dengan keindahan arsitektur Tiongkok dimana latar belakang pada arca di tiap pagoda mempunyai warna merah membuat kita menjadi terkesima dan nyaman untuk berjalan-jalan menikmati wisata bernuansa Tiongkok. Pagoda Avalokistesvara ini pun telah masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pagoda tertinggi di indonesia.

Patung Dewi Kwan Im

Ketika kita memasuki area Pagoda Avalokitesvara di lantai dasar kita akan di sambut oleh patung Budha yang berada di bawah pohon yang sangat rindang sekali. Pohon itu bernama Pohon Bodhi (Hisbiscus Reliciosa)  yang dibawa dan di tanam oleh Narada Mahathera pada tahun 1955.

Setelah itu kita akan di sambut oleh dua gazebo besar tampak mengapit di samping kanan-kirinya yang digunakan sebagai tempat tambur dan lonceng, yang menjadi salah satu adat kelengkapan pagoda.Dari lantai 2 sampai dengan lantai 6 terdapat patung Dewi Kwan Im ( Dewi Welas Asih ) yang menghadap ke 4 penjuru mata angin dan pada tingkat ketujuh terdapat patung Amitaba, yakni guru besar para dewa dan manusia.

Didalam Pagoda ini juga dibangun patung Bodhisattva Avalokiteswara yang berdiri kokoh menghiasi interior bangunan agoda. Biasanya tempat ini di jadikan oleh Umat Budha melakukan ritual Tjiam Shi yaitu sebuah ritual untuk mengetahui nasib manusia.

Selain bangunan pagoda, kita juga dapat melihat bangunan yang tidak kalah menarik Yaitu Vihara Dhammasala mempunyai bangunan berlantai 2 dibangun sejak tahun 1955, didalamnya terdapat Ruangan besar dengan patung Buddha yang digunakan untuk memaparkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai Dharma.

Satu lagi yang menarik disini adanya patung budha tidur disebelah pohon Sala, yang konon Sang Buddha dilahirkan di bawah pohon Sala, dan begitu pun saat meninggalnya, Buddha menghembuskan nafas terakhir di antara dua pohon Sala.

Batu Alam WatuGong Semarang

Setelah kita melihat-lihat keindahan dari Pagoda Avalokistesvara, selanjutnya kita bisa melihat asal-usul daerah ini di beri nama Watugong. Dalam bahasa Jawa wati adalah batu, dan gong merupakan alat musik daerah jawa. Di dalam area ini, terutama di depan pintu depan kita melihat sebuah pintu besar yang di depannya ada hiasan batu besar yang berbentuk seperti gong. Batu tersubut merupakan batu alam asli yang kemudian di namakan Watugong, sehingga pada ahirnya daerah yang menjadi destinasi objek wisata semarang ini di beri nama Watugong.

Lokasi Vihara Buddhagaya Watugong

Berlokasi di Semarang Tengah tepatnya di sekitar Markas Kodam IV Diponegoro Watugong, atau lebih tepatnya di jalan Perintis Kemerdekaan Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Dari tampak depan gerbang kita akan melihat bangunan besar dengan ketinggin 45 meter dengan arsitektur berbau pecinan berbentuk Pagoda Avalokitesvara.

Akomodasi & Akses Menuju Vihara Buddhagaya Watugong

Untuk menuju ke Vihara Buddhagaya Watugong sangatlah mudah karena tempatnya di pinggir jalan raya, kalau anda dari Kota Semarang cukup sekali naik bis atau berkendara pribadi menuju arah Kota Solo atau Ungaran. Kira-kira 45 menit dari jatung Kota Semarang sebelah kiri jalan dan tepat didepan markas Kodam IV Diponegoro kita sudah bisa menemukan Vihara Buddhagaya Watugong.

Pagoda Avalokistesvara Semarang

Karena Vihara Buddhagaya Watugong berada tepat dipinggir jalan Semarang-Solo. Jadi untuk akomodasi sangatlah mudah. Dan jangan lupa untuk icip-icip Ubi Cilembu semanis madu yang dijual dipinggir jalan dekat Vihara Buddhagaya Watugong.

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.