Telaga di Situ Sangiang Majalengka

Situ Sangiang Majalengka, Keindahan Air Telaga dan Alam yang Unik

PaketWisataJawa.comSitu Sangiang Majalengka merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Majalengka, tepatnya berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Berjarak sekitar 27 km dari pusat keramaian Kota Majalengka sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit perjalanan.

Akses Menuju Lokasi Wisata Situ Sangiang

Akses menuju tempat wisata Situ Sangiang lumayan mudah, kondisi jalan juga sudah beraspal mulus sehingga perjalanan anda tidak terganggu dan lancar. Untuk menuju tempat wisata Situ Sangiang sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi, karena jika anda menggunakan kendaraan umum hanya sampai di Cihaur, Banjaran sehingga anda masih harus menempuh separuh perjalanan lagi.

Objek Wisata Situ Sangiang Majalengka

Objek wisata Situ Sangiang masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai di mana gunung ini masih terkenal dengan legenda Nini Pelet. Seluas 26,4 hektar wisata Situ Sangiang telah menyuguhkan berbagai keindahan alam yang luar biasa. Sumber mata air dan curah hujan adalah sumber air yang dijadikan sebagai andalan wisata Situ Sangiang.

Di kawasan wisata Situ Sangiang terdapat berbagai pohon yang rindang sehingga menjadikan lingkungan wisata menjadi lebih asri serta udaranya terasa sejuk. Para pengunjung yang datang pada umumnya berniat untuk berziarah namun keindahan dan keunikan tempat ini mampu menarik perhatian para wisatawan sehingga Situ Sangiang sering ramai dipadati pengunjung.

Aturan dan Larangan di Situ Sangiang Majalengka

Bagi anda para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata Situ Sangiang anda harus berhati-hati, ikuti saja perintah dan saran yang dianjurkan oleh para juru kunci, fahami dan ikuti saja peringatan yang ditulis di papan pengumuman. Beberapa peringatan yang ditulis berupa larangan masuk tempat sembarangan tanpa izin, larangan mengambil apapun dari bagian pohon besar, saat berjalan mengitari kawasan wisata harus didampngi juru kunci.

Selain itu, bagi para pengunjung yang datang ke tempat wisata Situ Sangiang Majalengka juga dilarang memancing, berenang, membuang sampah sembarangan, menyalakan api unggun, serta mencorat-coret segala fasilitas yang berada di kawasan wisata.

Hal mistis yang menjadi kepercayaan sebagian masyarakat adalah dilarangnya mengambil ikan lele dan sebangsanya dari kawasan Situ sangiang karena konon ikan-ikan tersebut adalah jelmaan prajurit Kerajaan sehingga jika diambil akan terjadi sebuah bencana.

Keunikan dan Keanehan Telaga di Situ Sangiang

Hal aneh dan unik lain dari tempat wisata Situ Sangiang adalah terjadi perubahan debit air di dua musim. Ketika musim kemarau mendatang justru ketiggian air meningkat, dan pada musim penghujan justru mengalami surut, terdapat juga lima pohon yang berdiri dan pucuk pohon tersebut berkumpul menjadi satu. Tidak hanya itu, di kawasan wisata Situ Sangiang juga terdapat telaga berbentu kwali yang sampai saat ini tidak diketahui kedalamanya.

Jika anda para wisatawan yang datang ke tempat Situ Sangiang ini ingin melakukan mandi maka anda harus meminta izin kepada juru kunci dan mengikuti ritual yang biasa dilaksanakan oleh nenek moyang sebelumnya, anda juga harus mengenakan pakaian putih melaksanakannya.

Harga Tiket Masuk Kawasan Situ Sangiang

Objek wisata Situ Sangiang telah dibuka setiap hari untuk umum dengan kontribusi tiket masuk Rp. 10.000 per-orang. Bagi pengunjung yang datang berlibur atau berziarah untuk tetap menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan, selain itu keindahan wisata ini mampu menghipnotis anda sehingga anda merasa nyaman dan enggan meninggalkan tempat wisata ini. Sekian informasi mengenai objek wisata Situ Sangiang Majalengka yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat berlibur dan menikmati yach.

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.