Pulau Sempu Malang, Surga Tersembunyi yang Indah di Belantara Hutan

PaketWisataJawa.comPulau Sempu Malang merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Malang, tepatnya di sebelah Selatan Kota Malang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 70 km dari pusat keramaian Kota Malang sehingga membutuhkan waktu kurang lebuh 2 jam perjalanan.

Letak tempat wisata pulau Sempu sangat strategis sehingga dapat di tempuh dengan berbagai macam kendaraan baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Kondisi jalan juga sangat mendukung sehingga dalam perjalanan anda tidak terganggu dan lancar.

Akses Menuju Lokasi Pulau Sempu Malang

Untuk menuju tempat wisata pulau sempu anda dapat menempuhnya dari arah mana saja, dapat pula anda tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, dari Kota Malang anda dapat langsung menuju Sendang Biru. Nah dari Sendang Biru anda dapat melanjukan perjalanan menuju pulau sempu namun untuk menempuhnya anda harus menggunakan perahu.

Bagi anda para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata pulau sempu dengan menggunakan kendaraan umum anda harus lebih berhati-hati, karena selain perjalanannya lebih lama anda juga harus memastikan kondisi kesehatan tetap dalam keadaan baik.

Jika anda menggunakan kendaraan umum dari Kota Malang, anda dapat naik angkutan menuju Gadang, carilah angkutan yang memiliki tanda huruf G. Nah dari Malang menuju Gadang anda cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp 5.000. Setelah sampai di Terminal Gadang, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Turen dengan naik elf, L300, carry, atau bus kecil dengan biaya sekitar Rp 6.000. Kemudian dari Turen, anda dapat naik angkutan umum menuju Sendang Biru dengan biaya sekitar Rp 15.000. Namun jika anda berangkat bersama rombongan sebaiknya anda menyater angkutan karena harganya identik lebih murah dan dapat ditawar mulai dari Rp. 100.000 hingga 150.000 permobil. Sesampai di Sendang Biru anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pulau Sempu dengan menggunakan perahu. Perahu ini mampu memuat pengunjung hingga 10 orang dengan biaya Rp. 100.000 sudah termasuk ongkos pergi dan pulang.

Wahana Wisata di Pulau Sempu Malang

Pulau sempu telah dikelole oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur dengan menaungi empat ekosistem diantaranya ekosistem hutan mangrove, hutan pantai, hutan tropis dataran rendah dan danau. Seluas 887 Ha di kawasan pulau sempu terdapat berbagai wahana wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung, diantaranya adalah Caluk ilang, Segara anakan, Gebang, Telogo Lele, Pasir Kembar, Pasir Panjang, Teluk semut, Teluk air tawar, teluk Gladakan, Teluk Serbuk, teluk Ra’as, Goa Macan, Pantai Baru-baru, Plawangan, Karetan, Tanjung, Stigen, Setumbut dan masih banyak wisata menarik lainnya di tempat wisata malang ini.

Banyaknya wahana wisata yang tersimpan di pulau sempu membuat penasaran para wisatawan karena nyaris pulau ini baru diketahui potensinya. Kini keindahan pulau sempu telah memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga temapat wisata ini menjadi ramai dipadati pengunjung yang tidak hanya dari wisatawan lokal namun juga dari berbagai pancanegara.

Tempat wisata pulau sempu memiliki keindahan alam yang luar biasa, hal yang paling menarik dari pulau ini adalah terdapat sebuah danau yang berada di tengah pulau sempu, hamparan air jernih memberikan sebuah ketenangan, lembutnya pasir menghiasi deretan pulau. Anda juga dapat melihat secara langsung indahnya samudera Hindia beserta lumba-lumba khas samudra hindia yang terletak di sebelah tebing pulau sempu.

Selain itu, pengunjung yang datang dapat merasakan sejuknya hutan mangrove dengan bersantai sambil menikmati makanan di bawah pohon rindang. Tidak hanya itu, anda juga dapat berjalan menuju segara arakan, disana terdapat area camping ground yang luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan kemah.

Lokasi pulau sempu juga dekat dengan tempat pelelangan ikan (TPI) sehingga pengunjung yang datang dapat membeli ikan untuk dijadikan santapan atau dapat juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh bagi mereka yang jarak rumanhnya tidak terlalu jauh. Sekedar himbauan bagi para wisatawan yang datang untuk berlibur ke pulau sempu, untuk tetap menjaga kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya karena selain bersih itu indah, kebersihan juga dapat menjaga kelangsungan dan kelestarian pulau.

Harga Tiket dan Fasilitas di Pulau Sempu

Nah, bagi anda para wisatawan yang datang bersama rombongan atau keluarga jangan lupa yach untuk membawa kamera, karena jika anda tidak mengabadikan moment kebersamaan dengan selfi atau foto bersama di pulau ini kemungkinan anda akan menyesal. Untuk itu, anda dapat bebas mengambil gambar di semua sudut keindahan pulau sempu. Selain sebagai seru-seruan, hasil jepretannya dapat anda jadikan sebagai kenang-kenangan atau koleksi foto pribadi.

Kabar gembira buat anda semua yang suka berlibur karena tempat wisata pulau sempu malang dibuka setiap hari untuk umum, harga tiket masuk pulau sempu juga lumayan murah sehingga kantong anda tidak takut berubah menjadi kering, cukup dengan Rp. 20.000 anda dapat menikmati semua fasilitas dan keindahan pulau sempu.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.