Pesona Alam Bahari di Pulau Panjang Jepara

Pulau Panjang Jepara, Hamparan Pasir Putih dan Hutan Tropis yang Indah

PaketWisataJawa.comPulau Panjang Jepara adalah pulau kecil yang dimiliki oleh Kota Jepara dengan luas 19 hektar dan berjarak sekitar 1,5 mill dari Pantai Kartini,berada di Kelurahan Ujung Batu, Jepara.

Pulau yang masih perawan karena belum banyak dijamah orang, masih alami dan sepi sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin berlibur disini.

Objek Wisata Pulau Panjang Jepara

Walaupun pulau ini berukuran kecil namun salah satu Objek Wisata Jepara tersebut memiliki pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang halus dan cantik dengan udara yang segar dan sejuk serta pemandangan yang akan membuat kita terpesona sehingga saying jika anda tidak berkunjung menikmati pesona Pulau Panjang ini.

Gapura Masuk untuk Menuju Hutan Pulau Panjang
Gapura Masuk untuk Menuju Hutan Pulau Panjang

Pantai yang memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang sangat cocok bagi anda yang ingin berenang atau diving dan snorkeling.

Pasir Putih dan Air Laut yang Jernih
Pasir Putih dan Air Laut yang Jernih (From : mraldilatebeh.blogspot.co.id)

Anda juga bisa berjalan-jalan sambil menikmati keindahan di tepi pantai ataupun berjalan-jalan di bagian tengah pulau yang terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut untuk berkembang biak. Flora di pulau kecil ini didominasi oleh pohon Kapuk Randu, Asam Jawa, Dadap dan Pinus.

Pulau panjang mempunyai potensi sebagai penginapan yang mengusung Go Green, yaitu dengan membangun penginapan tapi tidak merusak ekosistem pohon-pohon.

Kesejukan Hutan Tropis dengan Pepohonan yg Tinggi
Kesejukan Hutan Tropis dengan Pepohonan yg Tinggi (From : mraldilatebeh.blogspot.co.id)

Di tempat wisata bahari ini terdapat komplek Makam Syech Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawy yang sering di Ziarahi para pengunjung sebelum menikmati keindahan alamnya. Beliau adalah salah satu penyebar Agama Islam di Jepara.

Akses dan Harga Tiket Wisata Pulau Panjang Jepara

Untuk menuju pulau panjang ada dua jalur mudah yang bisa anda gunakan, yaitu :

  1. Dari Pantai Kartini, penyeberangan menggunakan Perahu Sapta Pesona dengan taris Rp. 13.000 per orang dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit.
  2. Dari Pantai Bandengan, penyebrangan menggunakan perahu wisata bahari dengan tariff sebesar Rp. 10.000 per orang.
Dermaga Kapal Penyeberangan Menuju Pulau Panjang Jepara
Dermaga Kapal Penyeberangan Menuju Pulau Panjang Jepara

Namun jika anda Rombongan, anda bisa melalui jalur dari Pantai Prawean, penyeberangan menggunakan perahu nelayan dengan tariff Rp. 100.000 – 200.000 per rombongan.

Fasilitas dan Akomodasi Pulau Panjang

Untuk Fasilitas di Pulau Panjang ada Mushola, Air Barokah, Dermaga Perahu Wisata, Warung Makan dan Tempat Sampah Organik dan An Organik.

Mendirikan Tenda di untuk Menginap dan Bermalam
Mendirikan Tenda di untuk Menginap dan Bermalam

Sedangkan Akomodasi di pulau kecil ini masih minim karena PemKab Jepara belum memperhatikan secara maksimal Potensi yang ada, belum ada Penginapan, Resort atau Villa di Pulau ini. Wisatawan hanya bisa mendirikan tenda-tenda jika ingin bermalam di Pulau Panjang Jepara.

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.