Pantai Watu Dodol Banyuwangi, Nikmati Panorama Pantai yang Sejukkan Mata

Objek Tempat Wisata Pantai Dodol Banyuwangi

PaketWisataJawa.comPantai Watu Dodol merupakan salah satu tempat wisata pantai yang terdapat di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur. Tepatnya berada di antara kedua ruas jalan raya berjarak 15 km dari keramaian kota Banyuwangi dan berjarak 2 km dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Di lihat dari namanya pantai watu dodol menjadi menarik terdengar di telinga kita, dan mempunyai kesan unik. Watu Dodol adalah gabungan dua kata yang memiliki makna yang berbeda. Watu berasal dari bahasa jawa yang berarti batu, sedangkan dodol adalah sejenis makanan khas berbentuk lonjong seperti jari telunjuk dan memiliki rasa yang sangat manis, dodl juga sering dikenal dengan sebutan jenang.

Sejarah Pantai Watu Dodol Banyuwangi

Penamaan pantai watu dodol tidak lepas dari sejarah masyarakat Blambangan. Ketika Blambangan dipimpin oleh Minak Jinggo pernah mengalami peperangan dengan Majapahit hingga pasukan Blambangan mengalami kekalahan. Di saat warga Blambangan mengalami kekalahan mereka banyak melarikan diri ke pantai di sebelah Utara.

Nah salah satu prajurit yang ikut melarikan diri membawa bekal berupa makanan yang terbuat dari ketan (dodol), berbentuk lonjong dan besarnya kurang lebih seukuran telapak tangan. Setelah prajurit beristirahat di tepi pantai dan melanjutkan perjalanan ternyata bekal makanan tadi ketinggalan. Konon bekal tersebut berubah menjadi watu dodol yang penyebutannya dikenal hingga sekarang.

Akses Menuju Lokasi Pantai Watu Dodol

Lokasi tempat wisata pantai dodol sangat strategi sehingga mudah diakses oleh para wisatawan baik wisata lokal maupun wisata asing. Pantai ini menjadi tempat peristirahatan para wisatawan karena tempat ini terletak di antara jalur yang menghubungkan antara jalur Situbondo dan Banyuwangi.

Untuk menuju lokasi tempat wisata pantai dodol anda dapat menggunakan kendaraaan pribadi atau kendaraan umum.

  • Pertama, Jika anda sudah berada di keramaian kota Banyuwangi, anda berjalan menuju terminal Blambangan kemudian jalan lagi ambil jalur menuju Ketapang. Nah, dari pelabuhan ketapang anda tinggal jalan ke Situbondo (ikuti jalur arah) sampailah anda di kawasan wisata pantai watu dodol.
  • Kedua, jika anda masih berada di Surabaya, bisa naik kereta menuju stasiun Banyuwangi, kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik bus menuju Situbondo, dan berhenti di watu dodol.

Objek Wisata Pantai Watu Dodol

Batu Raksasa di Kawasan Jalan Pantai Dodol
Batu Raksasa di Kawasan Jalan Pantai Dodol

Tempat wisata pantai watu dodol memiliki daya tarik tersendiri terhadap pengunjung. Panorama pantainya yang indah dapat menyejukkan mata, butiran pasir dapat dijadikan sebagai area bermain, batu yang berbentuk unik seakan memiliki kekuatan magnet yang besar, terdapat batu karang berwarna hitam dan keras ditumbuhi oleh pohon kelor sehingga kelihatan rindang dan asri, terdapat juga patung gandrung besar yang menjadi pusat perhatian kota Banyuwangi.

Hal menarik lain dapat anda temukan di tempat wisata watu dodol adalah adanya sumber mata air yang terletak di pinggir pantai, air tawar tersebut dapat digunakan sebagai bilas juga dapat diminum, sebagian masyarakat memiliki kepercayaan bahwa air tawar ini dapat mengobati berbagai penyakit.

Selain itu terdapat 2 bungker di atas bukit yang konon dulu menjadi tempat persembunyian orang pada masa kependudukan Jepang, dan satu lagi anda mampu melihat keindahan alam dari atas bukit, birunya hamparan ait laut beserta gulungan ombak, merasakan sejuknya udara beserta semilirnya angin seakan merasakan terbang bersama awan.

Menikmati Panorama Sore Sunset di Pantai Watu Dodol
Menikmati Panorama Sore Sunset di Pantai Watu Dodol (From : MataJatim.com)

Di sekitar tempat wisata pantai watu dodol dikelilingi berbagai tumbuhan rindang sehingga nyaman untuk berteduh, enak buat bersantai. Lokasi pantai ini juga berbatasan dengan hutan dan bukit sehingga anginnya terasa segar sehingga dapat mengembalikan semanagat baru anda.

Di kawasan wisata pantai watu dodol juga disediakan fasilitas penunjang yang dapat digunakan pengunjung diantaranya, tempat bilas setelah mandi di pantai, warung-warung penjual makanan dan barang-barang kebutuhan sehari-hari, tempat parkir yang luas, dan fasilitas lainnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.