Pantai Plengkung G-Landnya Banyuwangi

Pantai Plengkung Banyuwangi, G-Land Tempat Surfing Terbaik di Dunia

PaketWisataJawa.comPantai Plengkung Banyuwangi merupakan salah satu pantai yang terdapat di Banyuwangi, Jawa Timur, tepatnya di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yaitu sebelah Tenggara Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai plengkung juga dikenal dengan sebutan G-Land.

Huruf “G” disini memiliki arti Grajakan. Sedangkan grajakan merupakan nama teluk yang berada di sebelah pantai plengkung. Wilayah pantai plengkung merupakan daerah kawasan yang sejuk karena dikelilingi hutan tropis sehingga dapat menambah keindahan dan kenyamanan bagi para pengunjung.

Jalur Menuju Lokasi Pantai Plengkung Banyuwangi

Bagi anda para wisatawan dimanapun anda berada jangan khawatir, karena tempat wisata pantai plengkung dapat diakses dengan mudah, baik menggunakan transportasi darat maupun transportasi udara.

Jalan yang dilalui menuju Pantai Plengkung
Jalan yg dilalui menuju Pantai Plengkung (By Rismiyanto From fotografer.net)

 

Jika anda berada di Kota Jakarta, Makassar, Batam atau Jogja, anda dapat memanfaatkan transportasi udara yang akan mendarat di Bandara Blimbingsari- Banyuwangi, kemudian anda melanjutkan perjalanan menuju kawasan Taman Nasional Alas Purwo, sampailah anda pada tujuan tempat wisata pantai plengkung. Sedangkan jika anda menggunakan trasportasi darat maka ambil jurusan Surabaya menuju Banyuwangi.

Terdapat dua jalur untuk menuju pantai Plengkung dari Banyuwangi :

Pertama, anda dapat melewati Banyuwangi-Kalipahit-Pasar Anyar kemudian Pancur. Dari arah pos pancur anda akan sedikit terganggu dengan kondisi jalan yang kurang baik sehingga perjalanan anda membutuhkan waktu 90 hingga 120 menit (2 jam).

Kedua, anda dapat melewati Banyuwangi-Benculuk. Jarak Banyuwangi menuju Benculuk sekitar 35 km. Jadi kurang lebih anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Di dalam perjalanan anda menuju tempat wisata pantai plengkung sebelumnya anda akan melewati grajakan, disana anda dapat menyewa Speedboat untuk menuju lokasi pantai. Selain itu, tempat wisata pantai plengkung juga dapat dicapai dari Bali yang membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam.

Objek Wisata Pantai Plengkung G-Land Banyuwangi

Tempat wisata pantai plengkung memiliki keindahan alam yang alami, air jernih berwarna biru beserta gulungan ombaknya yang dahsyat mampu menarik wisatawan mulai wisatawan lokal hingga wisatwan dari asing. Di kawasan pantai plengkung seringkali dimanfaatkan pengunjung untuk olahraga selancar karena merupakan tempat berselancar terbaik di Indonesia.

Ketinggian ombak pantai plengkung banyuwangi mencapai 4-6 meter dengan formasi 7 gelombang sehingga pantai plengkung menjadi salah satu dari 7 pantai yang memiliki ombak terbesar di dunia.

Pantai Plengkung G-Landnya Banyuwangi
Pantai Plengkung G-Land Banyuwangi (From : indonesiaexplorer.net)

Pantai plengkung dikenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik berawal dari kisah ekspidisi para peselancar dari asing. Pada tahun 1972, terdapat 8 kelompok surfer dari Amerika Serikat yang melakukan ekspidisi menuju pantai Plengkung.

Ekspedisi dibagi menjadi 2 kelompok. 3 surfer berangkat dengan menggunakan boat yang memanfaatkan jalur laut, sedangkan 5 surfer lainnya menggunakan jalur darat. 5 surfer yang melalui jalur darat berjalan hingga ke Desa Grajakan, kemudian mereka melanjutkan perjalanan mengunakan papan selancar di sepanjang perairan pantai plengkung yang jaraknya sekitar 20 km.

Keindahan Ombak Laut Pantai Plengkung Banyuwangi
Keindahan Ombak Laut Pantai Plengkung Banyuwangi (From : 1001express.co.id)

Adapun 3 surfer yang melalui jalur laut mengalami gangguan. Mereka membutuhkan perjuangan yang sangat keras untuk berhasil melakukan visinya. Di tengah perjalanan mereka kekurangan air bersih sehingga mengharuskan untuk mendarat di pantai plengkung. Akhirnya ketiga surfer tersebut berhenti dan mendirikan basecamp untuk mengetahui kelayakan pantai plengkung sebagai tempat surfing. Untuk mengecek kelayakan tempat surfing mereka tinggal di basecamp selama 10 hari.

Wisatawan siap-siap berselancar Gland Plengkung Banyuwangi
Wisatawan siap-siap berselancar Gland Plengkung (From : travel.kompas.com)

Terdapat empat istilah yang digunakan dalam penamaan ombak pantai plengkung yakni ombak kecil yang bernama Chickens, ombak sedang yang bernama Speedies, ombak besar bernama Monkey Tress dan ombak yang paling besar dan dahsayat disebut dengan Kongs. Dari keempat istilah tersebut muncul sisi menarik dari tempat wisata pantai plengkung. Ternyata pantai plengkung ini pernah dijadikan sebagai pusat kegiatan surfing tingkat nasional karena pada bulan April hingga Agustus ombak pantai mencapai puncak tertinggi.

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata pantai plengkung pada umumnya melakukan olahraga selancar. Namun bagi anda dan keluarga yang datang dan tidak bermain selancar jangan khawatir. Kunjungan anda ke pantai plengkung tidak akan membuahkan penyesalan karena anda dapat menikmati panorama pantai yang luar biasa, keindahan alam yang memukau, sejuk udara yang dapat menenangkan hati, hamparan pasir putih menghiasi pantai, jernihnya air laut yang disertai gulungan ombak, pemandangan dan pepohonan rindang di deretan pantai yang mempesona, Itu semua mampu meghipnotis anda sehingga kepenatan dan keresahan menjadi hilang seketika.

Akomodasi di Pantai Plengkung Banyuwangi

Selain itu, di tepi pantai plengkung terdapat rumah panggung yang memang dikhususkan untuk para pengunjung yang ingin melihat aksi-aksi para surfer memainkan selancaranya.

Joyos Surf Camp Pantai Plengkung
Joyos Surf Camp Merupakan salah satu Resort yang ada di Pantai Plengkung

Para surfer yang berusaha menaklukkan keganasan ombak pantai plengkung plngkung dengan berbagai aksinya. Anda dapat menikmati serunya bermain selancar. Jika memang anda ingin menyaksikannya dengan jelas yang berada di kejauahan, disarankan memakai alat bantu berupa teropong yang dibawa sendiri dari rumah.

Comments

comments

  • Asiyah

    Kita akan menuai apa yang kita tanam. Berbuat baik akan mendapat hal baik, begitu juga sebaliknya. Terus Belajar dan Belajar Menulis untuk menuai hasil karya yg baik.

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.