Pantai Parangtritis Jogja, Keindahan Laut Dibalut Dengan Misteri Nyi Roro Kidul

Berkeliling dengan Delman di Pesisir Pantai Parangtritis

PaketWisataJawa.comPantai Parangtritis Jogja merupakan salah satu objek wisata yang berada di Yogyakarta, tepatnya berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 27 km dari pusat keramaian kota Jogja sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Sejarah Pantai Parangtritis Yogyakarta

Penamaan dan Misteri Pantai Parangtritis ada kaitannya dengan Sejarah kerajaaan Majapahit yaitu Ketika Pangeran Dipokusumo melarikan diri dari Kerajaan hingga sampailah di laut yang memiliki ombak besar, di sana ia bermaksud untuk bersemedi, pada saat melakukan semedi ia melihat banyak air menetes (tumatritis) dari cela-cela karang (parang) sehingga ia memberikan nama pantai ini menjadi menjadi Parangtritis.

Legenda Pantai Parangtritis Nyi Roro Kidul
Legenda Pantai Parangtritis Nyi Roro Kidul

Objek wisata Pantai Parangtritis memiliki sejuta keindahan yang dibalut dengan penuh misteri. Mitos Nyi Roro Kidul yang melekat di pantai ini telah dipercayai sebagian masyarakat sehingga pengunjung yang datang tidak mengenakan pakaian hijau dan juga lebih berhati-hati. Pantai parangtritis ini telah dikelola oleh pemerintahan Kabupaten setempat dengan menyuguhkan pemandangan yang indah luar biasa sehingga mampu menarik perhatian para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan dari mancanegara.

Akses Menuju Kawasan Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis Nyi Roro Kidul sangat strategis sehingga dapat diakses dari manapun anda berada, kondisi jalan juga bagus sehingga dengan berbagai kendaraan, baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Selain itu, dapat ditempuh dengan melalui jalur darat anda juga dapat menempuhnya dengan menggunakan jalur udara.

Bagi anda para wisatawan yang berada dari luar Kota Yogyakarta anda dapat menempuhnya dengan melalui jalur udara, anda dapat naik pesawat yang akan mendarat di Bandara International Adisucipto Yogyakarta. Nah, dari Bandara anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Terminal Giwangan. Dari sana anda dapat naik kendaraan umum langsung menuju tempat wisata pantai parangtritis.

Sedangkan bagi anda yang ingin menggunakan alternatif kereta api, anda dapat transit di Stasiun Tugu atau Stasiun Lempuyangan. Nah, dari sana anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan umum menuju Terminal Giwangan kemudian lanjut sedikit perjalanan hingga sampai di tempat wisata pantai parangtritis.

Selain menggunakan pesawat dan kereta api, anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan pribadi anda dapat berjalan lebih mudah dan cepat menuju tempat wisata pantai Parangtritis. Untuk menuju tempat wisata pantai ini anda dapat melewati Jl. Paragtritis atau Jl. Mogiri. Nah dari sana anda dapat melewati desa Siluk yaitu sebelah Tenggara Kota Yogyakartta, selanjutnya lanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk menuju tempat wisata pantai Parangtritis.

Objek Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Persewaan Atv di Pantai Parangtritis Yogyakarta
Persewaan Atv di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Tidak hanya destinasi pantainya yang elok, namun berbagai fasilitas menarikpun mampu dinikmati oleh para pengunjung, diantaranya adalah tersedianya penyewaan atv dengan tarif Rp. 50.000 tiap satu kali pemakaian dalam waktu 15 menit, tersedianya tempat bersantai, penyewaan kereta kuda, area parkir yang luas serta tempat ibadah. Untuk anda yang ingi mandi di pantai ini tentu tidak ada larangan keras namun sebaiknya tetap berhati-hati dan tidak melebihi batas maksimal. Usai bermain dan berenang anda juga dapat menikmati aneka macam kuliner dan minuman segar yang disediakan di deretan warung di kawasan pantai.

Hal seru juga dapat anda rasakan di tempat wisata pantai Parangtritis ini, yaitu tersedianya penyewaan kereta kuda, penyewaan kuda yang dapat mengantarkan anda keliling mengitari kawasan tepi pantai dengan tarif Rp. 20.000 tiap sekali putaran. Buat anda yang masih ingin berlama-lama di pantai ini, tak perlu khawatir karena di kawasan pantai juga tersedia tempat penginapan dan hotel sesuai selera. Selain hal seru yang dapat dinikmati para pengunjung ada juga hal yang menarik dan indah dari pantai parangtritis ini loch, yaitu melihat pemandangan indah pantai disore hari, dimana kawasan pantai telah dihiasi langit yang berwarna kuning kemerahan seakan ikut tersenyum mengantarkan matahari hendak tenggelam serta merasakan semilirnya angin yang mampu menyejukkan hati. Tidak hanya itu teman, di kawasan wisata juga terdapat toko yang menyediakan aneka macam souvenir dan cenderamata khas Yogyakarta.

Kurang lengkap jika moment liburan ini tidak diabadikan dengan berfoto di semua sudut pantai Parangtritis karena keindahan pantai ini benar-benar menakjubkan sehingga mata ini seakan tak mau berkedip, suasananya yang pas serta kondisi alamnya yang begitu cantik mampu membuat hati terpesona dan enggan meninggalkan tempat wisata ini, entah karena pengunjung yang masih betah atau terlalu bersemangat hingga waktu berputarpun tidak terasa karena rasanya berlibur di sini sangat mengasikkan.

Harga tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Parangtritis

Kabar gembira buat anda para wisatawan yang ingin datang berlibur bareng keluarga, teman atau kerabat di pantai karena tempat wisata pantai Parangtritis dibuka setiap hari untuk umum, adapun konstibusi tiket masuk juga terhitung murah loch karena cukup dengan Rp. 3.000 orang anda dapat menikmati keindahan dan fasilitas pantai sepuasnya. Untuk biaya parkir cukup Rp. 2.000 buat kendaraan roda dua, sedangkan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat berjenis mobil.

Bagi pengunjung yang datang untuk berwisata ke pantai Parang tritis anda dapat mengenakan baju yang tidak terlalu tebal agar badan anda terasa nyaman dan tidak terasa gerah, dapat pula memakai kacamata agar tidak silau serta dapat pula memakai topi agar terhindar dari sengatan matahari secara langsung karena memang kondisi pantai ini cukup panas. Walaupun kawasan terasa agak panas karena sinar matahari namun anda tidak perlu khawatitr bila kulit mengering karean di kawasan pantai ini disediakan beragai tempat bersantai yang teduh, aman dan beratap serta terdapat angin yang berhembus semilir menjadikan udara terasa sejuk sehingga memberikan kenyamanan pada anda.

Himbauan buat anda para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Pantai Parangtritis Jogja untuk tetap menjaga kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya. Walaupun terdapat tugas kebersihan namun kesadaran menjaga kebersihan adalah kewajiban bagi kita semua serta yang terpenting adalah demi terjaganya kelestarian lingkungan pantai.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.