Keindahan Pohon Cemar di Pantai Lombang

Pantai Lombang Sumenep, Bersantai di Bawah Pohon Cemara Udang

PaketWisataJawa.com – Pantai Lombang Sumenep terletak di kecamatan Batang-Batang Sumenep Madura, kra-kira berjarak 30 km sebelah timur dari pusat Kota Sumenep. Keindahan pantai lombang adalah deburan ombak yang cukup tenang disertai pasir putih kekuning-kuningan yang sangat halus sehingga membuat pengunjung nyaman, selain itu kita akan di suguhi keindahan pohon-pohon cemara udang yang menawan berjajar rapi di pantai ini.

Pulau Madura merupakan pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur, selain terkenal dengan karapan sapinya pulau yang mempunyai luas sebesar 5.168 km2 ini mempunyai banyak pesona yang indah dan menawan, selain terkenal dengan karapan sapinya pulau ini pulau ini juga memiliki pantai dengan air yang berwarna biru dan berpasir agak kekuningan, Pantai itu adalah Pantai Lombang.

Menikmati Pantai dengan Berkuda
Menikmati Pantai dengan Berkuda

Pohon Cemara Udang yang rimbun membuat kesejukan ketika suhu di pantai ini panas, kita bisa berteduh berkumpul bersama-sama sambil menikmati desiran ombak pantai. Dibawah rimbun cemara yang lebati ini telah di bangun Banyak Gazebo dan Kursi permanen yang bisa kita duduki untuk bersantai, bisa juga kita membawa alas sendiri dari rumah jika kita berwisata dengan banyak orang, hehe.

Lokasi dan Akses Pantai Lombang Madura

Secara administratif pantai lombang terletak di desa Lombang, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur Indonesia. Terletak sekitar kurang lebih 30 km dari pusat Kota Sumenep kea rah timur laut.

Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat memanfaatkan angkutan umum, persewaan mobil atau menyewa ojek dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Jika wisatawan dari luar pulau Madura dapat menyeberang melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Kamal, Bangkalan Madura dengan kapal ferry. Dari bangkalan dapat menggunakan angkutan umum untuk menuju kota Sumenep.

Sejarah Tumbuhnya Pohon Cemara Udang di Madura

Pohon Cemara Udang merupakan pohon yang hanya tumbuh di kawasan pantai ini dan beberapa pantai di perairan laut Tiongkok. Konon pantai yang sejuk ini telah di tumbuhi oleh pohon cemara tidak jauh kaitannya dengan ekspedisi besar kekaisaran negeri Tiongkok dalam mengarungi perairan nusantara pada abad 15 yang di pimpin oleh Jenderal The Ho (Sampo Thai Kam), Jenderal Mu’han dan Jenderal Ong Keng Hong, dimana ketiganya di kenal dengan sebutan Sam Po Toa Lang yang artinya Tiga Pendekar Besar, kalo orang jawa menyebut mereka dengan nama Dempo Awang.

Cemara Udang Tempat Bersantai di Pantai Lombang
Cemara Udang Tempat Bersantai di Pantai Lombang

Dalam mengarungi perairan nusantara Para Jendral yang membawa kapal sebanyak 62 armada dan pasukan perang 27.800 orang ini konon mengalami musibah besar di laut jawa, salah satu Kapal Induk membentur karang sampai hancur sehingga salah satu jurumudi utama meninggal dunia, yaitu Jenderal Ong Keng Hong. Dengan kejadian tersebut semua armada di rapatkan ke pantai jawa, tepatnya sekarang di sebut dengan nama Mangkang yang berada di 10 km sebelah barat Kota Semarang. Karena Ong Keng Hong memeluk agama islam, maka beliau di kuburkan secara islami di daerah Gedongwatu (Sekarang di jadikan obyek wisata Semarang).

Setelah selesai upacara penguburan lalu pelayaran tersebut menuju ke pusat kerajaan Majapahit, namun perjalanan mengalami musibah lagi, kapal-kapal terbawa arus kea rah timur dan dilanda angina topan disekitar perairan Masalembu sehingga membuat sebagian banyak armada kapal tenggelam dan hancur membuat perlengkapan yang mereka bawa banyak yang terdampar di pantai sekitar Pulau Jawa dan Madura.

Jangkar kapal di temukan ada di pati, piringnya di pantai Kamal yang kemudian diabadikan dengan nama Ujung Piring, tiangnya di temukan di perairan sumenep, itiknya banyak berterbangan di selat kamal. Dari kejadian bencana besar pada waktu itu banyak kayu-kayu yang terdampar di Pantai Lombang Sumenep Madura yang lama kelamaan kayu tersebut tumbuh menjadi bibit pohon cemara dan akhirnya merimbun lebat di sepanjang pantai lombang.

Objek Wisata Pantai Lombang Sumenep

Kegiatan yang cukup menarik ketika kita berwisata disini adalah mandi laut dan bermain pasir halus dan berjemur pastinya, karena di pantai lombang airnya jernih dan pantainya berpasir halus. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati destinasi laut biru yang mempesonan dengan menyewa perahu yang di sediakan oleh nelayan setempat, anda akan melihat pemandangan indah ketika di tengah laut, yaitu keindahan pohon cemara dari permukaan lau, jangan lupa untuk berfoto-foto ya., hehe.

Hamparan Pasir Putih dan Halus-di Pantai Lombang
Hamparan Pasir Putih dan Halus-di Pantai Lombang

Selain wisata air dan pasir kita bisa menikmati pantai dengan wisata menunggang kuda, ada beberapa warga yang menyediakan jasa tunggangan kuda dengan tarif tertentu. Bagi anak-anak dan remaja bisa bermain-main bola di sekitar pantai yang penting jangan menggangu wisatawan lainnya ya.

Harga Tiket dan Akomodasi Fasilitas Pantai Lombang

Karcis masuk kedalam pantai adalah Rp. 5.000,- per-orang untuk menikmati pesona pantai lombang sumenep. Wisatawan yang ingin bermalam di pantai lombang ini dapat mendirikan tenda di tepi pantai, sebab belum tersedia akomodasi hotel di tepi pantai, tapi jangan lupa ijin sama penjaga pantai yang bertanggung jawab loh ya, hehe.

Fasilitas penginapan yang ada adalah pondok pondok alami yang terbuat dari kayu, namun biasanya penginapan ini hanya di peruntukan bagi peserta Paket Wisata dari agen perjalanan tertentu. Apabila terpaksa harus menginap, wisatawan bisa memperoleh jasa hotel di Kota Sumenep, anda bisa menginap di Hotel Dubai Sumenep.

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

One thought on “Pantai Lombang Sumenep, Bersantai di Bawah Pohon Cemara Udang

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.