Pantai Lembupurwo Kebumen, Gugusan Pantai Selatan Yang Masih Perawan

Obyek Wisata Pantai Lembupurwo Kebumen

PaketWisataJepara.comPantai Lembupurwo Kebumen adalah destinasi wisata yang cukup indah untuk di kunjungi yang merupakan bagian dari gugusan pantai selatan, terletak di Kebumen, Jawa Tengah berdekatan dengan kota Yogyakarta yang banyak terdapat tempat wisatanya.

Pantai Lembupurwo masih cukup perawan dan tidak perlu membayar retribusi untuk masuk ke sana. Pokoknya bebas. Pemandangan di sana cukup bagus. Kita akan melewati daerah perkebunan yang ditanami melinjo, jagung, cabe, kelapa, jambu mete, dan juga semangka.

Akses Menuju Lokasi Pantai Lembupurwo Kebumen

Pantai Lembupurwo terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. Rute jika naik kendaraan umum bisa naik Kopada berwarna kuning dari depan pasar Kulon Prembun. Cukup membayar 3-4 ribu. Turun hingga di poolnya, pas di perempatan dekat balai desa Lembupurwo baru dilanjutkan jalan kaki ataupun naik ojek.

Setelah itu medan mulai berganti dengan gunungan pasir sekitar 50 meter. Cukup panas juga ketika matahari bersinar terik, untuk itu jika ke sana siang hari saya sarankan untuk membawa payung. Setelah itu kita akan turun melewati segara anakan sebelum akhirnya sampai di tepi pantai. Segara anakan ini seperti danau kecil yang terbentuk ketika air pasang.

Di sana banyak ikan-ikan kecil, kepiting dan aneka kerang. Karena dangkal, banyak yang sering mandi di situ ketika selesai berenang di laut dan ada beberapa kapal wisata yang dapat mengantarkan kita berkeliling danau. Di sini tidak perlu takut kepanasan karena di sepanjang segara anakan telah dijadikan area konservasi cemara udang oleh KKN UGM Yogyakarta sejak tahun 2007/2008 lalu. Selain itu kini juga mulai ditanami tanaman bakau.

Menginjak pantainya, kita akan disambut pasir hitam bersih yang cukup luas dan dengan garis pantai yang panjang dari ujung timur hingga ujung barat. Lautnya bersih, berwarna biru dan berombak besar. Jika kita berjalan terus ke timur nantinya kita akan bertemu dengan muara sungai Gentan.

Biasanya jika di hari libur, seperti hari minggu atau hari raya, pantai ini selalu ramai dan ada beberapa pedagang yang akan berjualan di tepi pantai di gubuk-gubuk kecil. Tempe mendoannya tak perlu diragukan lagi rasanya, apalagi jika masih hangat. Ada juga rempeyek undur-undur (binatang sejenis crustacea, rasanya agak mirip udang) yang khas.

Di pantai Lembupurwo, kita dapat menikmati sunrise dan juga sunset yang tak kalah dengan tempat lain jika cuacanya bagus. Kita bisa bermain bola, layang-layang, membangun istana pasir atau juga teriak-teriak untuk menghilangkan kekesalan di dalam hati. Orangnya juga ramah-ramah, walaupun mereka agak susah untuk berbicara dalam bahasa Indonesia.

Objek Wisata Pantai Lembupurwo Kebumen

Pantai Lembupurwo berada di Kota kebumen bagian timur selatan, hampir berbatasan dengan Kota Purworejo. Pantai ini layaknya sebuah pantai selatan dengan ciri khas ombak yang besar dan luas. Pantai ini masih terbilang masih alami, karena baru sedikit bangunan-bangunan buatan manusia yang berdiri di area pantai.

Yang berbeda dari pantai ini dengan pantai yang lain adalah pemandangan uniknya. Dari area parkir pengunjung akan dibawa menempuh sebuah perkebunan milik warga sekitar yang berwarna khas hijau dedaunan dengan ornament warna merah dari buahnya.

Setelah melewati perkebunan, pengunjung akan diajak melewati sekumpulan gundukan pasir yang disebut dengan gumuk pasir bak padang pasir yang kalau disiang hari akan sangat menyengat panasnya. Disarankan apabila berkunjung di pantai lembupurwo kebumen pada waktu pagi hari ataupun sore hari.

Dari gumuk pasir akan nampak beberapa genangan-genangan kolam air diantara tumbuhan air yang hijau yang membentuk sebuah laguna, laguna ini terbentuk dari sewaktu air laut mengalami pasang. Dengan ukuran yang luas, laguna ini juga terdapat ikan-ikan kecil laut, udang dan beberapa aneka kerang yang menghiasi bawah air laguna ini.

Karena kedalaman laguna yang tidak terlalu dalam, menjadikan tempat ini sebagai tempat bermain air ataupun berenang oleh pengunjung. Setelah melewati sebuah laguna, pengunjung akan dibawa melewati rerimbunan pohon yang teduh dan sambutan pasir hitam bersih serta luasnya garis pantai yang memanjang dari ujung timur sampai ke barat.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.