Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Sejarah Teknologi dan Lokomotif

Meseum Kereta Api Ambarawa
 PaketWisataJawa.comMuseum Kereta Api merupakan destinasi wisata sejarah yang berada di jawa tengah, merupakan tempat wisata bersejarah karena kita akan disuguhkan nuansa mesin-mesin kereta api zaman penjajahan kolonial belanda. Di objek wisata museum bersejarah ini kita akan di berikan pengetahuan tentang macam-macam kereta api dan benda-benda mesin lokomatif yang di museumkan karena keunikannya.

Sejarah Museum Kereta Api Semarang

Dulu pada masa pemerintahan Kolonial Belanda Ambarawa merupakan sebuah kota militer, pada masa itu pemimpin pemerintahan memerintahkan untuk membangun stasiun kereta api yang bisa mengangkut tentaranya ke Semarang. Pada 21 Mei 1873, stasiun kereta api ambarawa di bangun diatas seluas 127.500 m².

Pada tanggal 06 Oktober 1976 museum kereta api ambarawa ini di alih fungsikan sebagai lokasi untuk melestarikan kereta api uap dan sekaligus juga sebagai museum terbuka. Di museum kereta api ambarawa terdapat kereta api uap yang cukup menarik, yaitu kereta api uap buatan Maschinenfabriek Esslingen dengan lokomotif Nomor B 2502 dan B 2503 yang sampai sekarang masih dapat berjalan dengan baik dan dijadikan sebagai kereta api wisata.

Selain kereta api uap B 2502 dan B 2503 di museum ini kita dapat menemukan berbagai macam dan jenis lokomotif uap dengan seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar yaitu CC 5029 yang di buat oleh Schweizerische Lokomotif und Maschinenfabric di halaman depan museum.

Akses Menuju Lokasi Museum Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa Terletak di kabupaten Semarang, tepatnya di jalan Stasiun Ambarawa No. 1 Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Museum ini merupakan salah satu Tempat Obyek Wisata Jawa Tengah yang mempunyai banyak sejarah karena memiliki koleksi kereta api uap terlengkap pada zaman pemerintahan hidia-belanda.

Akses menuju museum sangat mudah, jika dari arah semarang akses jalan yang harus kita lewati menuju arah Ungaran, setelah sampai di pertigaan Bawen kita menuju ke arah Jogjakarta (Belok Kanan) menuju tugu Palagan Ambarawa.

Koleksi Kereta C1507 di Museum Kereta Api Ambarawa
Koleksi Kereta C1507 di Museum Kereta Api Ambarawa

Sedangkan jika dari arah Kota Jogjakarta, kita hanya perlu berjalan lurus menuju arah Semarang dan langsung ke pertigaan tugu Palagan Ambarawa. Setelah sampai di tugu Palagan Ambarawa, kita ambil kekiri (arah Semarang) atau kanan (arah Jogja) dengan jarak sekitar 100 meter kita sudah sampai di Museum Kereta Api Ambarawa.

Objek Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Di museum kereta api ini terdapat banyak koleksi mesin teknologi zaman dahulu seperti 21 lokomotif uap dan 3 lokomotif yang dapat beroperasi, telpon antik, peralatan telegram morse, bel antik dan barang-barang antik lainnya yang ada zaman dahulu.

Telegrap Antik di Museum Kereta Api Ambarawa
Telegrap Antik di Museum Kereta Api Ambarawa

Kita juga bisa menikmati perjalanan wisata menaikki kereta api uap dari Ambarawa – Bedono PP atau yang dikenal sebagai Ambarawa Railway Mountain Tour yang beroperasi dari museum ini menuju Stasiun Bedono yang berjarak 35 Km dan ditempuh 1 jam untuk sampai stasiun, selain itu kita juga bisa berwisata menaikki kereta uap lainnya dari Ambarawa – Tuntang PP yang berjarak sekitar 7 km dari museum.

Wisata Ambarawa Railway Mountain Tour

Wisata Sejarah di Museum Kereta Ambarawa
Wisata Sejarah di Museum Kereta Ambarawa

Ambarawa Railway Mountain Tour atau wisata Perjalanan kereta api uap dengan rel bergerigi. Perjalanan diawali dari setasion Ambarawa ke Bedono PP dengan biaya akomodasi sebesar Rp. 3.250.000,- untuk kapasitas 80 Orang dengan jarak tempuh sekitar 35 km. Biasanya wisata kereta api ini hanya bisa disewa paket dan tidak di gunakan untuk perorangan karena harganya yang mahal.

Panorama keindahan alam akan kita temukan di wisata Ambarawa Railway Mountain Tour, seperti keindahan lembah yang hijau antara gunung Ungaran dan Gunung Merbabu di sepanjang Jalan.

Wisata Kereta Lori di Museum Ambarawa

Kereta Lori Milik Museum Kereta Api Ambarawa yg Bisa diSewakan
Kereta Lori Milik Museum Kereta Api Ambarawa yg Bisa diSewakan

Perjalanan yang di awali dari Stasiun Ambarawa ke Tuntang PP yang berjarak 7 km dengan harga tiket sebesar Rp. 10.000.,- per orang dan maksimal pemberangkatan berjumlah 15 orang. Pemandangan yang kita dapatkan tidak kalah bagus dengan perjalanan jika kita wisata Ambarawa Railway Mountain Tour, di sepanjang jalan dapat dilihat lanskap yang menawan berupa sawah dan ladang dengan latar belakang Gunung Ungaran, Gunung merbabu dan Gunung Rawa Pening di kejauhan.

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

Beroperasi pada hari senin sampai minggu dan buka pada jam 08.00 wib sampai jam 16.00 wib dengan harga tiket masuk museum kereta api ambarawa dikenakan biaya Rp. 5.000,-. Pada hari liburan hari raya idul fitri, pengelola kereta api ambarawa ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk bisa menaikki Kereta Api Uap Bergerigi secara personal dengan tiket eceran sebesar Rp. 100.000,- / perorang.

Comments

comments

1 Komentar

  1. jasa SEO, Backlink, Blogwalking murah

    blog nya sudah cukup menarik, tinggal di backlink kan saja untuk hasil yang max. untuk informasi masalh backlink, SEO, TOKO ONLINE blog anda bisa hub nomor di bawah. jasa Backlink WEB dan BlOG Rp 700.000 /bln, jasa design toko online Rp 500.000 /themes, jasa Seo BERGARANSI Rp 2.700.000 2,5 bulan, Jasa Omptimasi Blogwalking 200.000 list web aprove 500 rb /bulan, telp-1 085-100-675-165 telp-2 085-635-945-40 salam hangat…

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.