Gunung Tangkuban Perahu Bandung, Cerita Sangkuriang yg Sudah Melegenda

Tampak dari Kejauhan Gunung Tangkuban Perahu

PaketWisataJawa.comGunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit bagi para pecinta traveling baik dari wisatawan lokal maupun manca negara. Gunung yang ada di Bandung sebelah utara tepatnya berada di Cikole, Lembang yang berjarak sekitar 20 Km dari Pusat Kota Bandung ini merupakan Gunung Aktif dan dari data letusan terahir terjadi pada tahun 2013 kemarin, meskipun begitu tempat wisata ini masih posisi aman untuk di kunjungi.

Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2084 mdpl dengan kondisi suhu udara bisa mencapai 2 derajat celcius pada malam hari sedangkan ketika siang hari udara rata-rata mencapai 17 derajat celcius. Mempunyai bentuk memanjang seperti kapal terbalik jika dilihat dari kejauhan, termasuk dalam jenis gunung Stratovulcano atau Gunung Berapi Komposit karena mempunyai struktur komposit berlapis dibangun dari outpurings berurutan bahan erupsi dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Salah satu tanda aktifnya gunung ini adalah adanya gas belerang dan sumber air panas yang selalu mengalir di kaki gunung.

Sejarah Tentang Legenda Tangkuban Perahu

Cerita Rakyat yang sudah menjadi warisan turun temurun tentang legenda gunung tangkaban perahu telah di percayai sebagai asal usul terbentuknya gunung ini. Yaitu cerita legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi yang sudah tidak asing bagi masyarakat indonesia, karena legenda sangkuriang sudah menjadi bahan cerita-cerita di bangku sekolah.

Legenda Sangkuriang - Asal usul Tangkuban Perahu Bandung
Legenda Sangkuriang – Asal usul Tangkuban Perahu Bandung

Singkat cerita Sangkuriang telah jatuh cinta kepada Dayang Sumbi (yang ternyata adalah ibu kandungnya sendiri) karena kemolekan dan kecantikannya itu dan berniat untuk menikahinya. Dayang Sumbi yang akhirnya mengetahui bahwa sangkuriang adalah anak kandungnya meberikan syarat yang sangat sulit agar Sangkuriang tidak bisa memenuhi syarat dan tak jadi berniat menikahinya, yaitu membuatkan danau dan perahu dalam semalam untuk bisa berkeliling danau berdua.

Namun menjelang pagi danau dan perahu yang dibuat sangkuriang hampir selesai, Dayang Sumbi khawatir sehingga dia berdoa agar matahari segera terbit. Do’a terkabul matahari terbit dan Sangkuriang dinyatakan Gagal untk membuat Danau dan Perahu dalam semalam. Sangkuriang pun marah dan lantas menendang perahu setengah jadi kedanau dan mendarat dalam posisi terbalik. Perahu itulah yang kemudian di sebut sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Objek Wisata di Tangkuban Perahu Bandung

Hal menarik ketika anda berlibur disini adalah pemandangan yang menakjubkan dari Gunung Tangkuban Perahu, panorama alam yang indah dan nuansa alam dengan udara yang sejuk membuat kita semakin segar ketika bosan di suasana perkotaan.

Berkuda mengelilingi Kecantikan Alam di Tangkuban Perahu
Berkuda mengelilingi Kecantikan Alam di Tangkuban Perahu (From : Pancaestime.com)

Dari meletusnya gunung aktif ini banyak kawah-kawah yang terbentuk yang bisa anda kunjungi sebagai objek wisata dan traveling anda, dan ada 3 kawah yang cukup terkenal dan menjadi favorit bagi kalangan traveler ketika berkunjung kesini, kawah tersebut adalah Kawah Upas, Kawah Domas dan Kawah Ratu.

Kawah Domas

Kawah Domas berada di dataran lebih rendah dari 2 kawah lainnya yang kami sebutkan diatas Kawah Domas & Kawah Ratu. Dikawah ini anda bisa melihat dengan dekat di sisi sumber kawah untuk berfoto atau sekedar menguji kepanasan kawah domas ini. Namun kami sarankan untuk menyewa pemandu ketika anda mendekati kawah ini.

Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah kawah yang terbesar dari beberapa kawah yang terkenal lainnya. Menjadi Ratu dan idola dari beberapa kawah yang ada di gunung tangkuban karena pemandangan yang cantik dengan kepulan asap belerang yang banyak dari kawah serta warna batu-batu berwana kuning menghiasi area kawah ratu akan di suguhkan pada anda.

Keindahan Panora Alam Kawah Ratu
Keindahan Panora Alam Kawah Ratu

Jangan khawatir untuk menuju kawah yg menjadi idola ini, akses yang mudah untuk di lewati menggunakan mobil pribadi atau mobil rombongan akan membuat anda lebih nyaman dan pastinya tidak ragu untuk menyempatkan diri mendatanginya.

Dikawah Ratu anda bisa menyewa kuda untuk mengelilingi dan menikmati pemandangan cantik di area Kawah Ratu yang juga akan di pandu agar keamanan anda terjamin, mengingat kedalaman kawah ini yang cukup curan sehingga area kawah di pagari dengan kayu besar.

Kawah ini benar-benar menjadi primadona seperti namanya “Ratu” sehingga ketika anda menyempatkan mampir disini anda akan menemukan banyak kios-kios berjajaran yang menjual souvenir khas pegunungan seperti masker, topi, sarung tangan, syal dan juga kerajinan tangan yang terbuat dari kayu. Ada juga warung yang menjual makanan seadanya untuk mengganjal perut anda ketika lapar.

Kawah Upas

Kawah Upas terletak berdampingan dengan kawah ratu, kawah Upas terlihat lebih dangkal dan kecil dari kawah ratu. Pemandangannya juga cukup apik untuk anda nikmati, namun untuk menuju ke kawah upas anda harus melewati jalan yang terjal dan berpasir serta banyak bebatuan.

Harga Tiket Masuk  Tangkuban Perahu Bandung

Untuk dapat memasuki kawasan wisata alam ini, Anda harus membayar tiket masuk.

Wisatawan domestik:

  • Tiket masuk: Rp 13.000
  • Parkir motor: Rp 5.000
  • Parkir mobil: Rp 10.000
  • Parkir bus: Rp 20.000

Wisatawan asing:

  • Tiket masuk: Rp 50.000
  • Parkir motor: Rp 7.000
  • Parkir mobil: Rp 15.000
  • Parkir bus: Rp 25.000

Akomodasi dan Penginapan Gunung Tangkuban Perahu

Akomodasi dan penginapan di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung dapat anda temukan yang cukup dekat, terdapat sejumlah hotel dan villa yang bisa anda ketemukan. Dan bisa juga anda bisa menemukan beberapa penginapan murah di Lembang yang lokasi-nya cukup strategis untuk menghabiskan liburan berwisata di sejumlah objek wisata Lembang Bandung.

Comments

comments

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.