Gunung Semeru Mahameru, The Highest Montain in Java (Trekking Edition)

Oro Oro Ombo Gunung Semeru Puncak Mahammeru

PaketWisataJawa.comGunung Semeru Jawa Timur merupakan gunung tertinggi di pulau jawa yang berlokasi dikawasan administratif dua kota yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ketinggianya mencapai  3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Dalam urutan gunung berapi di indonesia gunung semeru menempati urutan ke3 setelah gunung kerinci sumatera dan gunung rinjani nusa tenggara barat.

Akses Menuju Lokasi Gunung Semeru

Untuk menuju gunung semeru dari manapun anda berasal turunlah di terminal tumpang kota malang. Setelah itu lanjutkan naik angkot sampai pasar tumpang habis itu naik truk sayur atau mobil jip menuju pos pendakian ranu pane dengan ongkos kurang lebih 20 rb.

Perjalanan menuju ke bascamp ranupane dari pasar tumpang kira-kira butuh waktu 2 jam. Di sini terdapat Pos pemeriksaan,  warung dan pondok penginapan. Bagi pendaki yang membawa tenda dikenakan biaya Rp 20.000,-/tenda dan apabila membawa kamera dikenakan biaya Rp 5.000,-/buah.

Di pos ini pun kita dapat mencari porter (warga lokal untuk membantu menunjukkan arah pendakian, mengangkat barang dan memasak). Pendaki juga dapat bermalam di Pos penjagaan. Di Pos Ranu Pani juga terdapat dua buah danau yakni Ranu Pani (1 ha) dan Ranu Regulo (0,75 ha). Terletak pada ketinggian 2.200 mdpl.

Jalur Pendakian Gunung Semeru Malang

Jalur awal pendakian cukup landai, lumayan jauh sekitar 5 km. tumbuhan ilalang mendominasi di sepanjang jalan awal perjalanan  berikutnya akan sampai pada watu rejeng. Bebatuan terjal yang indah menyambut disini dan bila kita mengarahakan mata kita kearah lembah-lembah maka kita akan  disejukkkan dg rimbunnya pohon pinus dan cemara. Jika sobat pendaki sedang  asap puncak mahameru terkadang terlihat dari sini. untuk sampai ranu kumbolo sobat harus melangkahkan kakinya sejauh 4.5 KM lagi.

Pesona Ranu Kumbolo - Tempat Peristirahatan Para Pendaki
Pesona Ranu Kumbolo – Tempat Peristirahatan Para Pendaki

Di Ranu Kumbolo para pendaki biasanya mendirikan tenda untuk istrirahat dan menikmati indahnya danau ranu kumbolo. view terindahnya yaitu pada waktu pagi saat  sinar matahari melintasi hutan dan bertemu dengan pemukaan air danau. luasnya sekitar 14 ha dan berada pada ketingggian 2400 mdpl.

Trekking Menuju Puncak Mahameru Gunung Semeru

Jangan lupa membawa banyak persedian air dari sini. trek selanjutnya akan mendaki bukit lumayan terjal, lumayan dekat yang didepannya ada sebuah padang rumput yang luas yang disebut dengan oro-oro ombo. berikutnya akan sampai pada cemoro kandang yaitu kawasan hutan cemara. terkadang terlihat ada hewan kidang dikawasan ini.

Kalimati - Padang Rumput Gunung Semeru
Kalimati – Padang Rumput Gunung Semeru (From : PapanPelangi.Wordpress.com)

Menuju pos pendakian kalimati, sebuah area padang rumput yang luas ditepian hutan cemara di penuhi oleh bunga edelweis. sobat bisa mendirikan tenda dan beristirahat di sini. bagi yang kehabisan bekal air, di sini ada sumber mata air yang akan ditemukan bila berjalan menuju arah kanan dari kalimati sekitar 1 km.

Arcopodo Mempunya Trek yg Lumayan Terjal, Curam dan Berdebu
Arcopodo Mempunya Trek yg Lumayan Terjal, Curam dan Berdebu

Dari kalimati selanjutnya akan menuju ke  pos pendakian arcopodo treknya lumayan terjal, curam dan berdebu bagi teman-teman pendaki sebaiknya membawa bekal air sendiri-sendiri karena tenggorakan sobat akan cepat kering dengan kondisi tersebut.

Arcopodo berada pada ketinggian 2900 m dan merupakan wilayah vegetasi terakhir yang  ditemui.semua barang bawaan mending ditinggal di sini atau kali mati sebab perjalanan selanjutnya adalah perjalanan terberat menuju puncak mahameru Gunung Semeru.

Setelah melewati arcopodo sobat akan menemui bukit pasir curam sampai dengan titik tertinggi yaitu puncak mahameru. pendakian sebaiknya dilakukan pada jam 2 dini hari. waktu tercepat menuju puncak sekitar 2-3 jam . Jangan melakukan pendakian pada musim hujan karena sering terjadi longsor dan badai. pendakian sebaiknya dilakukan pada bulan-bulan berikut ini:  bulan Juni, Juli, Agustus, dan September.

Hormat Bendera Indonesia di Puncak Mahameru
Hormat Bendera Indonesia di Puncak Mahameru
Sunrise di Puncak Mahameru
Sunrise di Puncak Mahameru

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.