Panorama Kawah Ijen Banyuwangi, Jawa Timur

Gunung Kawah Ijen Banyuwangi, Sensasi Suhu Dingin Yang Berbeda di Puncak

PaketWisataJawa.comGunung Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu dari Gunung Berapi di Indonesia yang masih aktif, terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. Gunung Ijen juga termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Gunung Berapi ini mempunyai ketinggian sekitar 2.443 mdplberdampingan dengan Gunung Merapi.

Objek Wisata yang terkenal dari Gunung ijen adalah Kawahnya, yang di sebut dengan nama Kawah Ijen. Apa yang menarik dari kawah ini? dan dimana lokasi ijen? Baca lebih lanjut Tempat Wisata yang menarik ini Gan.

Lokasi Kawah di Puncak Gunung Ijen Banyuwangi

Kawah yang berada di puncak Gunung Ijen merupakan sebuah danau kawah yang bersifat asam sulfat mempunyai ketinggian 2.443 mdpal, luas danau kawah mencapai 5.466 Hektar dan ketinggian 200 m. Merupakan danau air asam yang terbesar di dunia.

Para Penambang Mengumpulkan Belerang Murni
Para Penambang Mengumpulkan Belerang Murni

Kawah Gunung Vulkanik Ijen memproduksi 36 juta meter kubik belerang, larutan asam sulfat dan hydrogen klorida, yaitu zat kimia asam-asam yang paling kuat. Di area puncak gunung ijen anda dapat melihat para penambang belerang yang bekerja mengumpulkan dan membawa beban belerang murni dari bawah kawah yang sangat curam, berbatu dan mempunyai gas sulfur dioksida.

Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi-Bondowoso

Pesona wisata alam yang di tawarkan oleh Kawah Gunung Ijen dengan pemandangan yang sangat indah dari puncak atas Gunung. Danau besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap yang sangat cantik dan mempesona, serta sensasi udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius dan kadang mencapai 2 derajat celcius.

Di kawasan ijen anda bisa menemukan tanaman yang langka dan hanya ada di dataran tinggi seperti Bunga Edelweis dan Cemara Gunung. Selain itu anda bisa menikmati Pemandangan menakjubkan pada pesona keindahan Gunung Merapi yang berdekatan.

Keindahan Pesona Kawah Gunung Ijen di Pagi Hari
Keindahan Pesona Kawah Gunung Ijen di Pagi Hari

Pemandangan alam indah lainnya ketika Pagi mulai tiba, yaitu saat matahari muncul dan menyinari dengan memantulkan sinar berwarna keemasan di bawah kawasan Gunung Kawah Ijen Banyuwangi yg berwarna hijau tosca atau hijau kebiru-biruan. Perpaduan antara warna sinar emas dan warna kawah hijau tosca inilah menjadikan pemandangan yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu ketika Pagi Hari tiba.

Pemandangan Blue Fire Api Biru Kawah Ijen Banyuwangi Pada Malam Hari
Pemandangan Blue Fire Api Biru Kawah Ijen Banyuwangi Pada Malam Hari

Selain pesona pemandangan yg indah pada pagi hari ada lagi fenomena yang tak boleh anda lewatkan begitu saja, yaitu fenomena Blue Fire atau Api Biru yang muncul di tengah-tengah penambangan asam sulphur. Api Biru ini bisa kita nikmati pada malam hari hingga menjelang dini hari.

Akses Menuju Kawah Gunung Ijen Jawa Timur

Ada 2 rute alternatif yang dapat kita lewati untuk menuju Kawasan Wisata Kawah Ijen Jawa Timur. Berikut kami tunjukkan rute yang digunakan untuk mengunjungi Kawah di Gunung Ijen :

  1. Dari Arah Selatan, yaitu Melalu Banyuwangi.
    Melalu jalur ini biasanya di gunakan oleh para pendaki untuk rute pendakian Gunung Ijen, rute ini cukup sulit dilalui karena kondisi jalan yang cukup buruk. Total jarak tempuh melalui jalur ini sekitar 38 km.
    Dari Banyuwangi menuju Kecamatan Licin, kemudian menuju Jambu dilanjutkan ke Patulding. Dari Patulding kita bisa berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejaung 2 kilometer menuju Kawasan Kawah Ijen.
  2. Dari Arah Utara, yaitu Melalui Bondowoso.
    Jalur menuju Gunung Ijen yang satu ini lebih mudah dari pada jalur Banyuwangi, namun total jarak tempuhnya mencapai 70 km. Kondisi jalan rute yang bagus dan mulus serta pemandangan Kopi dan hutan pinus yang mempesona. Dari Patulding kita tinggal berjalan melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2 km menuju Kawah Ijen.

Harga Tiket Masuk Gunung Kawah Ijen

HTM Wisatawan Domestik :

  • Hari Kerja : Rp. 5.000,-
  • Hari Libur : Rp. 7.000,-

HTM Wisatawan Asing : 

  • Hari Kerja : Rp. 100.000,-
  • Hari Libur : Rp. 150.000,-

Cost Tambahan :

  • Kamera Video Komersial / Snapshot Film Komersial : Rp. 10.000.000,-
  • Handycam : Rp. 1.000.000,-
  • Photo Kamera : Rp. 250.000,-

Fasilitas dan Akomodasi Area Gunung Ijen

Salah Satu Pondok Penginakan yang ada di Gunung Kawah Ijen
Salah Satu Pondok Penginakan yang ada di Gunung Kawah Ijen

Objek Pariwisata Alam yang menjadi bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi ini telah berkembang dengan di dukung oleh masyarakat dan pemerintah setempat menyediakan Fasilitas yang relative memadai, Jalan menuju Pos Paltuding cukup memadai area parkir yang nyaman dan tergolong luas.

Bagi anda yang ingin bermalam bisa menggunakan Akomodasi seperti pondok, penginapan dan bumi perkemahan. Terdapat juga warung makan di sekitar pos pendakian Gunung Kawah Ijen Banyuwangi.

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

One thought on “Gunung Kawah Ijen Banyuwangi, Sensasi Suhu Dingin Yang Berbeda di Puncak

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.