Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangi

Grojogan Sewu Tawangmangu, Kesejukan Air Terjun dan Taman Wisata

PaketWisataJawa.comGrojogan Sewu Tawangmangu adalah Air Terjun yang ada di Tawangmangu, yaitu sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini sangat dikenal oleh para wisatawan karena merupakan daerah wisata yang sangat sejuk. Tawangmangu di kenal dengan obyek wisata pegunungan di lereng barat gunung lawu yang bisa di tempuh dengan kendaraan darat selama sekitar satu jam dari Kota Surakarta (Solo).

Tempat ini sejak masa kolonial Belanda telah menjadi tempat berwisata. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun grojogan sewu (tinggi 81 m). Di tempat ini tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Dari tawangmangu dapat di mulai pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke telaga sarangan di Magetan lewat cemorosewu.

Akses Menuju Lokasi Gojogan Sewu Tawangmangu

Untuk mendukung kemudahan dalam mengakses daerah ini, pemerintah telah mengusahakan perbaikan jalur transportasi dengan melakukan perawatan jalan dan pembangunan jalan baru lintas provinsi dari tawangmangu sendiri yang berada di jawa tengah ke arah Magetan Jawa Timur. Dan sampai sekarang proses pembangunan jalan masih terus berlangsung melewati perbukitan dan melintas di tengah-tengah lahan pertanian yang asri dengan pemandangan elok di kiri dan kanan sepanjang jalan baru ini.

Gerbang Loket Awal Menuju Lokasi Grojogan Sewu Tawangmangu
Gerbang Loket Awal Menuju Lokasi Grojogan Sewu Tawangmangu

Tawangmangu berada pada area pegunungan yang subur di kelilingi oleh hutan dan perbukitan. Namun kota kecil ini telah terkenal hingga manca negara karena kawasan ini merupakan obyek pariwisata yang cocok untuk dijadikan pilihan berlibur maupun berdarma wisata.

Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain di indonesia, terlebih lagi didaerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur, selain dari keberadaan obyek wisata Air Terjun Grojokan Sewu. Tawangmangu sendiri telah menjadi pilihan bagi orang-orang perkotaan untuk membangun villa-villa, maupun berinvestasi dengan mendirikan hotel-hotel & penginapan. Bagi anda yang ingin berwisata pun dapat memesan villa untuk penginapan anda di tawangmangu.

Objek Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Selain Pembangunan jalan, pemerintah juga telah melakukan Rebuilding secara total pasar Tawangmangu yang tadinya berupa pasar tradisional yang kumuh, kini telah berupa bangunan megah Pasar Wisata, di harapkan dengan rehabilitas pasar ini para wisatawan yang datang ke Tawangmangu dapat dengan mudah dan leluasa untuk berbelanja segala macam jenis oleh-oleh, maupun hasil bumi dengan lebih nyaman.

Tempat ini sebenarnya cocok untuk belajar, mengingat udaranya yang sejuk, namun sayang di tempat ini pendidikan formal yang tersedia hanya setingkat SMP, sehingga mengharuskan warganya yang ingin melanjutkan studi harus pindah ke tempat lain (migrasi), hal ini tentu saja tidak baik bagi pengembangan SDM masyarakat Tawangmangu.

Ada beberapa lokasi yang sering menjadi lokasi tujuan domestic maupun manca negara, baik yang ada di kecamatan Tawangmangu sendiri maupun daerah lain di sekitarnya yang dekat diakses dari Tawangmangu, yaitu:

  1. Grojokan Sewu
    Grojokan Sewu merupakan sebuah air terjun yang indah dan menyimpan banyak sekali misteri. Lokasi yang berjarak 27 km dari sebelah timur kota Solo. Air terjun Grojokan Sewu juga masih merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojokan Sewu. Harga tiket masuk Grojokan Sewu Tawangmangu sekitar Rp. 18.000,- perorang pada tahun 2014.
  2. Air Terjun Pringgodani
    Tepatnya berada di desa Blumbang, Air Terjun Pringgodani ini dapat di capai dengan kendaraan umum atau pribadi dari Terminal Tawangmangu dengan jarak 5 Km. Setelah itu turun di gapura “Mbok Lastri” Perjalanan bisa di lanjutkan dengan berjalan kaki berjarak 2 Km.
  3. Puncak Lawu
    Puncak Gunung lawu merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Status gunung ini adalah sudah lama tida aktif , terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang ter-erosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara).
  4. Sentra Tanaman Hias (Desa Nglurah)
    Desa Nglurah merupakan sentra tanaman hias di Kecamatan Tawangmangu, di kelilingi oleh perbukitan kaki Gunung Lawu. Hampir di setiap rumah penduduk dapat kita jumpai aneka jenis tanaman hias baik yang sudah dikemas dengan pot/polyback maupun yang masih tertanam di tanah. Memproduksi tanaman hias memang telah menjadi sumber pendapatan bagi  para warga desa Nglurah ini, selain dari pekerjaan lain dan bercocok tanam. Bahkan hasil produksi tanaman hiasnya telah merambah pasar manca negara seperti Malaysia dan Singapura.
  5. Bumi Perkemahan
    Bumi perkemahan ini berlokasi di Desa Kalisoro, Tawangmangu. Mempunyai ketinggian 1.100 di atas permukaan laut. Untuk menuju ke obyek wisata ini kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam sambil menikmati pesona alam hutan tersebut. Jalanannya turun naik ketika berada di tengah hutan pinus. Jika kita mengeksploitasi lebih jauh lagi tentang kawasan bumi Perkemahan ini kita akan sampai pada sebuah situs arkeologis yang anda temukan disana.
  6. Flying Fox
    Di taman wisata Grojogan Sewu kita bisa menikmati wahana permainan yang melatih adrenalin kita, yaitu Flying Fox. Arena yang Tidak terlalu Panjang sangat cocok buat anak-anak anda yang ingin merasakan sensasi ini.

 Fasilitas dan Akomodasi Grojogan Sewu Tawangmangu

Banyak Faasilitas yang bisa kita gunakan untuk menunjang aktifitas liburan dan wisata kita, antara lain Kolam renang sebagai arena bermain anak-anak, pedagang makanan dan warung makanan jangan lupa rasakan makanan has yaitu sate kelinci, kamar mandi ganti, tempat ibadah, persewaan kuda jika anda capek berjalan kaki, dan toko souvenir, kaos, baju dll bisa anda jadikan oleh-oleh anda.

Flying Fox di Taman Wisata GS Tawangmangu
Flying Fox di Taman Wisata GS Tawangmangu

Jangan hawatir jika anda ingin menginap, di kawasan wisata grojogan sewu tawangmangu ini ada penginapan kelas melati dan villa, ada juga resort di dekat area tempat wisata Grojogan Sewu ini.

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.