Negeri Diatas Awan, Dieng Wonosobo

Dieng Plateau Wonosobo, Pesona Dataran Tinggi Negeri Di Atas Awan

PaketWisataJawa.comDieng Plateau Wonosobo (Dataran Tinggi Dieng) adalah kawasan tinggi yang ada dalam dua wilayah kabupaten di Jawa Tengah, Indonesia. yaitu wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Disebut sebagai Negeri Diatas Awan, Gunung Dieng berada di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Disebut Juga sebagai Gunung Api Raksasa yang mempunyai kepundan kawah dan merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif.

Telaga Warna di Dieng Plateau Wonosobo
Telaga Warna di Dieng Plateau Wonosobo

Ketinggian Dieng mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 15 – 20 derajat celcius pada siang hari dan jika malam hari suhu bisa mencapai antara 10 – 2 derajat celcius, bahkan ketika musim kemarau tiba (antara bulan Juli dan Agustus) suhu di wilayah ini bisa mencapai 0 derajat celcius pada pagi harinya yang menjadikan embun pagi membeku (di sebut Bun Upas atau Embun Racun, karena dapat menyebabkan tanaman pertanian masyarakat menjadi rusak).

Sejarah dan Cerita Legenda Dieng Plateau

Cerita yang berkembang di Masyarakat, desa Dieng dahulu adalah sebuah hutan yang lebat tanpa penghuni, hingga kemudian seorang Pengelana bernama Kyai Kolodete bersama dua sahabatnya yaitu Kyai Karim dan Kyai Walik memasuki daerah ini dan mulai membangun permukiman yang menjadi cikal bakal awal berdirinya desa Dieng.

Kyai Kolodete adalah seorang Pengelana berkharisma diyakini oleh masyarakat setempat sebagai seorang yang menjadikan asal muasal Bocah Gimbal. Menurut legenda, ketika berkuasa di Dataran Tinggi Dieng beliau mempunyai Rambut Gimbal dan pernah bersumpah bahwa beliau akan mencukur rambutnya hingga kawasan Gunung Dieng ini makmur, jika terkabul beliau akan menitiskan rohnya pada anak yang baru lahir atau yang sedang bisa berjalan.

Anak-anak yang lahir memiliki rambut gimbal dipercaya sebagai titisan Kyai Kolodote, pada saat ini masih banyak kita jumpai jika berwisata di daerah Dataran Tinggi Dieng. Rambut Gimbal yang dimiliki oleh anak-anak tidak bisa dicukur sembarangan, karena harus dipotong melalui Ritual Pencukuran Rambut Gimbal yang dilakukan hingga sampai sekartang, jika di cukur tanpa Ritual husus tersebut maka rambut Gimbal akan tumbuh kembali (Ritual pencukuran biasanya di laksanakan pada tgl 30 juni – 1 juli dalam event Dieng Culture Festival).

Dieng Culture Festival, Ritual Pencukuran Rambut Gimbal
Dieng Culture Festival, Ritual Pencukuran Rambut Gimbal

Nama “Dieng” berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu dari kata “Di” yang mempunyai arti tempat yang tinggi (gunung) dan “Hyang” yang berarti tempat persinggahan para dewa dewi. Sehingga Dieng bisa diartikan sebagai kediaman para dewa dan dewi. Ada juga yang mengartikan dari bahasa Jawa yaitu “adi” yang berarti indah, dan kata “aeng” yang artinya aneh. Masyarakat sekitar kadang mengartikan sebagai tepat indah yang penuh dengan suasana spiritualnya.

Objek Wisata Dieng Plateau Wonosobo

Keindahan Wisata Alam menjadi anugerah tersendiri yang tak ternilai harganya dimiliki oleh Gunung Dieng Plateau, sebuah desa yang dijuluki dengan istilah Negeri Diatas Awan, sebagai tempat besemayamnya para Dewata. Dataran Tinggi yang ada di wilayah Wonosobo – Banjarnegara ini menawarkan lebih dari 37 obyek wisata yang telah diakui Dunia.

Golden Sunrise Gunung Sikunir Dieng
Golden Sunrise Gunung Sikunir Dieng

Perpaduan antara panorama alam yang indah dan keagungan budaya sisa peninggalan nenek moyang masa lalu menjadikan kawasan Dieng memiliki nilai tambah tersendiri dibandingkan dengan Tempat Wisata Jawa lainnya. Dieng dengan banyak fenomena alam dan budayanya menjadikan siapapun yang berkunjung merasa kagum, sehingga pada zaman dahulu beberapa warga berkebangsaan Belanda sering mendatangi Obyek Wisata Dieng untuk menikmati pesona alamnya dan bahkan mereka mempromosikan ke Negara-negara Eropa agar mengunjungi Dataran Tinggi Dieng.

Kawasan obyek wisata dieng dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Kawasan Poros (Kawasan yang memiliki obyek – obyek wisata yang menjadi penggerak aktivitas pariwisata di kawasan wisata Dieng-Plateau).
  2. Kawasan Jeruji (Kawasan yang memiliki objek – objek wisata yang mendukung obyek –obyek wisata yang berada dalam kawasan wisata Poros Dieng).

Kawasan Dataran Tinggi Dieng terdapat sekitar 17 Obyek Wisata yang dapat di jelajahi dengan waktu sehari, merupakan ekplorasi wisata yang tidak ada di lokasi lainnya.

Sedangkan tempat lain yang jaraknya cukup jauh antara 6 – 8 Km bisa kita temui di lokasi-lokasi dengan keajaiban alam yang sangat luar biasa seperti Golden Sunrise tercantik di Asia dapat kita nikmatin dari gunung Sikunir (Sebuah gunung dengan puncak pendek untuk menikmati indahnya sunrise), ada juga puncak Prau puncak seribu bukit dengan bukit teletubiesnya dan hamparan bunga ceplikan yang menutupi tanah disana, dari lokasi tersebut dapat menikmari pemandangan seperti ketika melihat pemandangan dari puncak gunung yang cuku tinggi seperti Sindoro atau Sumbing, ada juga Sumur Raksasa, Kawah dan Telaga – telaga yang tersebar di kawasan poros dan Jeruji Dieng Plateau.Berikut kami mengupas sebagian dari kawasan Objek Wisata Dieng Plateau yang kami sarankan untuk kunjungi :

  1. Telaga Warna, Telaga Pengilon & Telaga Merdada.
    Telaga Mardada, Air Jernih yang tak Pernah Surut
    Telaga Mardada, Air Jernih yang tak Pernah Surut

    Adalah sebuah telaga yang bisa berganti-ganti warna, memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih dan lembayung. Keunikan telaga warna adalah mempunyai warna air sangat bening dan tidak tercampuri oleh Belerang. Di sebelah telaga ini ada Telaga Pengilon, letaknya di sebelahnya yang hanya dibatasi oleh rerumputan berbentuk seoperti rawa kecil. Selain telaga warna dan pengilon, ada juga Telaga Merdada yaitu telaga yang terbesar diantara telaga-telaga di Dieng Plateau. Merdada mempunyai air yang tak pernah surut dan dijadikan sebagai irigrasi untuk ladang pertanian oleh masyarakat, di tempat ini juga ada tempat untuk memancing dan wisata perahu untuk berkeliling telaga.

  2. Gua Semar, Gua Jaran dan Gua Sumur.
    Terletak di antara Telaga Warna dan Telaga Pangilon, Gua ini biasanya digunakan untuk mengolah Spriritual.
Goa Semar di Area Wisata Telaga Warna
Goa Semar di Area Wisata Telaga Warna
  • Candi Dieng.
    Candi Arjuna, Salah satu Candi yang di miliki Gunung Dieng
    Candi Arjuna, Salah satu Candi yang di miliki Gunung Dieng

    Dataran Tinggi Dieng sebenarnya mempunyai 17 buah candi, akan tetapi yang tersisa tinggal 8 buah candi, nama-nama candi tersebut yaitu : Arjuna, Banowati, Sembadra, Puntadewa, dan Srikandi. Kelima candi ini terletak di tengah, sedangkan Gatotkaca dan Bima berada di bagian barat. Candi yang satunya yaitu Dwarawati terletak di sebelah timur.

  • Kawah Sikidang.
    Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng
    Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng

    Merupakan salah satu kawah yang cukup menarik perhatian oleh para wisatawan karena lokasinya yang cukup mudah di jangkau. Ada juga Kawah Candradimuka, yaitu kawah yang diselimuti oleh bau belerang yang menyengat beserta asap yang banyak. Candradimuka sangat sulit di jangkau, harus melewati jalan setapak dengan kemiringan 45 derajat disarankan untuk berhati-hati jika ingin berkunjung di candradimuka. Carita Legenda pewayangan, Kawah Candradimuka merupakan tempat Gatotkaca (yang merupakan anak dari Wrekudara dan Arimbi) di rebus agar kuat.

  • Sumur Jalatunda
    Yaitu sebuah sumur yang berasal dari kawah yang sudah mati beberapa ribuan tahun yang lalu, kemudian terisi air sehingga menyerupai sebuah sumur raksasa. Mempunyai garis tengah sekitar 90 meter dan kedalaman sekitar ratusan meter.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Dieng Plateau

Untuk memasuki kawasan wisata di Gerbang awal masuk Dieng PalateauWonosobo kita harus membayar uang tiket sebesar Rp. 5.000, per Orang. Sedangkan untuk memasuki beberapa tempat wisata kita di pungut biaya berbeda-beda namun kebanyakan kita tidak dipungut biaya, hanya biaya parkir kendaraan.

Peta Objek Wisata Dieng Plateau
Peta Objek Wisata Dieng Plateau

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

4 thoughts on “Dieng Plateau Wonosobo, Pesona Dataran Tinggi Negeri Di Atas Awan

  1. Nama Dieng ternyata sesuai namanya, “tempat tinggi persinggahan para dewi”, karena di Dieng ini banyak banget tempat wisata yang bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya malah keren banget seperti sikunir dan gunung prau, dr kedua tmpat ini kita bs lihat sunrise bagus banget, kl ga salah golden sunrise malahan. 🙂

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.