Curug Muara Jaya Majalengka, Air Terjun Bertingkat mengalir di Dinding Tebing

Kawajan Wisata di Curug Muara Jaya Majalengka

PaketWisataJawa.comCurug Muara Jaya Majalengka merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Majalengka, tepatnya di Desa Argamukti, kampung Apuy, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Berjarak sekitar 23 km dari pusat keramaian Kota Majalengka sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit perjalanan.

Selain sebegai Objek Wisata, Curug Muara Jaya ini sering dijadikan sebagai tempat upacara Pareresan. Di mana upacara tersebut digelar oleh masyarakat setelah melakukan panen raya. Letak objek wisata Curug Muara Jaya terlihat strategis yaitu berada di jalan utama Majalengka – Cikijing sehingga sangat mudah ditempuh dengan berbagai kendaraan baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Akses Peta Curug Muara Jaya Argapura

Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum menuju Lokasi Wisata Curug Muara Jaya dengan angkutan umum, elf atau L-300 dari Majalengka menuju Maja. Sesampai di Kecamatan Maja, anda dapat turun di pasar dekat Terminal Maja. Nah, di sebelah terdapat pertigaan ambillah arah ke Gunung dengan belok kiri. Dari sana anda dapat langsung menuju curug dapat naik kendaraan pickup yang biayanya Rp. 3.000 perorang atau dengan naik ojek dengan biaya Rp. 8.000 perorang. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan indah Desa Argamukti.

Peta Curug Muara Jaya Argapura
Peta Curug Muara Jaya Argapura

Sedangkan bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua anda dapat berjalan dari kacamatan Maja. Dari Maja anda dapa mengambil ke arah Timur menuju Desa Argalingga, untuk menuju desa ini anda harus hati-hati karena sekitar 2 km kondisi jalan yang anda lewati sempit sehingga sulit untuk berpapasan roda empat, terdapat juga berbagai tanjakan yang berkelok. Nah, sesampai di Desa Argalingga anda akan menjumpai pertigaaan. Dari pertigaan ambil kanan ke arah Desa Argamukti, dari Argamukti anda dapat berjalan lurus sekitar 2 km sehingga sampailah di tempat wisata Curug Muara Jaya.

Objek Wisata Curug Muara Jaya Majalengka

Objek wisata Curug Muara Jaya memiliki keindahan alam yang unik, curug ini adalah berjenis air terjun bertingkat yang mengalir pada dinding tebing yang memiliki ketinggian 73 m, dengan ketinggian air terjun utama 60 m dan ketinggian air terjun kedua 13 m. Curug ini juga dikenal dengan Curug Apuy karena letak curug berada di Kampung Apuy yang berada pada aliran sungai Muara Jaya di Lerang Gunung Ciremai.

Kesejukan Alam di Kawasan Curug Muara Jaya di Desa Argamukti
Kesejukan Alam di Kawasan Curug Muara Jaya di Desa Argamukti

Udara di tempat wisata Curug Muara Jaya terasa sangat sejuk, banyak pohon di sekeliling curug mampu meneduhkan dan memberi kenyamanan pada pengunjung, nyaman dan bersantai di bawah pohon mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah aneka macam tanaman sayur mayur dan palawija yang ditanam di tengah suburnya tanah kawasan curug. Tidak hanya itu, banyak sekali pohon kesemek yang tumbuh rindang dan berbuah telah menghiasi curug dan sekana ikut menyambut hadirnya para pengunjung.

Selain dapat menikmati keindahan curug, anda para pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan, diantaranya disediakan area camping ground sehingga pengunjung yang datang dapat melakukan kegiatan berkemah, terdapat area bermain anak-anak di mana terdapat berbagai macam permainan sesuai selera anak anda, tersedia toilet umum dan tempat untuk beribadah.

Bagi anda yang datang bersama keluarga di objek wisata Curug Muara Jaya ini anda dapat bermain dan bersantai di kawasan curug, berenang dengan catatan tidak terlalu jauh hingga di bawah jatuhnya air. Jika anda sudah merasa lelah usai bermain di curug, anda tidak perlu khawatir untuk mengembalikan energi anda kembali, anda tidak perlu repot berat-berat membawa bekal dari rumah karena di kawasan curug terdapat warung yang menjual beraneka makanan dan minuman sesuai selera.

Fasilitas di Kawasan Curug Muara Jaya Jawa Barat

Di kawasan wisata Curug muara Jaya terdapat bangunan pendopo bernama Balai Pertemuan Muara Jaya, di mana bangunan ini terdiri dari dua bagian (kecil dan besar) yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat para pengunjung.

Kabar gembira bagi anda para wisatawan, keindahan objek wisata Curug Muara Jaya ini dapat anda nikmati kapan saja sesuai keinginan karena curug ini dibuka setiap hari untuk umum. Adapaun konstribusi tiket masuknya juga lumayan murah loch sehingga tidak menguras kantong anda, cukup dengan Rp. 6.000 per-orang anda dapat menikmati keindahan curug sepuasnya.

Ingat dengan moment yang satu ini, datangnya para pengunjung bersama keluarga, teman atau keraba untuk berlibur jangan lupa untuk berfoto bersama di semua keindahan sudut curug, saat bermain, seru-seruan dan semua kegiatan lainnya karena selain latarnya sangat mendukung hasil jepretannya juga dapat anda jadikan sebagai kenang-kenangan.

Harga Tiket Masuk di Tempat Wisata Curug Muara Jaya

Nah, bagi anda para pengunjung yang ingin berkemah di Bumi Perkemahan dekat curug, anda akan dikenakan tarif Rp. 3.500 per-orang serta biaya parkir sepeda motor cukup dengan Rp. 2.000 perkendaraan.

Himbauan bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata Curug Muara Jaya Majalengka, sebelum meninggalkan tempat pastikan tidak ada sampah yang tertinggal yach, selain menjaga kebersihan adalah kewajiban kita bersama juga demi menjaga kelestarian curug. Sekian informasi mengenai objek wisata curug Muara Jaya yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Selamat berlibur dan menikmati yach.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.