Air Terjun Curug Cikaso - Jawa Barat

Curug Cikaso Sukabumi, Wisata Alam Dengan Air Terjun Yang Menyejukkan

PaketWisataJawa.comCurug Cikaso Sukabumi adalah salah satu panorama air terjun di Indonesia yang masih tersimpan kealamiannya, tersembunyi di hutan rimba nan lebat di kawasan Sukabumi, Jawa Barat. Mempunyai nama asli Curug Luhur namun masyarakat sering menyebutnya dengan nama Cikaso karena air terjun yang mengalir berasal dari sebuah sungai yang bernama Sungai Cikaso.

Lokasi Curug Cikaso Sukabumi ini terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Berjarak sekitar 100 km dari kota sukabumi. Dapat kita tempuh dengan kendaraan sendiri maupun kendaraan umum dengan renggang waktu sekitar 1.5 jam perjalanan.

Objek Wisata Curug Cikaso Sukabumi

Maha Karya Sang Pencipta Alam yang Sungguh Mempesona
Maha Karya Sang Pencipta Alam yang Sungguh Mempesona

Kawasan wisata Cikaso mempunyai 3 air terjun yang berdampingan dengan ketinggian mencapai 80 meter dangan lebar sekitar 100 meter. Aliran air terjun berasal dari satu sungai yang sama namun aliran dibelah oleh bebatuan tebing besar sehingga terbagi menjadi tiga terjunan air. Ketiga air terjun tersebut mempunyai nama sendiri-sendiri.

Ketiga Curug tersebut bernama Aki, Asepan dan Meong. Curug Aki terletak dibagian kanan sedikit bersembunyi di balik tebing yang menghadap di bagian timur, Curug Asepan berada di bagian kiri sedangkan Curug Meong bertempat di bagian tengah. Keduanya, curug asepan dan meong memiliki terjunan air yang sangat deras dan keduanya juga berdampingan pada sisi tebing yang sama.

Kolam yang Bisa anda nikmati Kesegaran Airnya
Kolam yang Bisa anda nikmati Kesegaran Airnya Curug Cikaso Sukabumi

Selain panorama alam dan air terjun, Curug Cikaso juga menawarkan sebuah objek wisata kolam yang cukup besar dan dalam. Kolam tersebut mempunyai air yang jernih berwarna hijau kebiruan, cocok buat anda yang suka bermain dan berenang untuk menikmati kesegaran air kolam alami. Disekitar wisata terdapat pula jasa sewa ban pelampung bagi anda yang tidak bisa berenang bisa menyewa agar dapat menikmati air jernihnya kolam tersebut.

Fasilitas dan Akomodasi Curug Cikaso Sukabumi

Setelah menikmati panorama alam air terjun dan merasakan kesegaran kolam anda bisa beristirahat dan berbilas di area ini, karena tempat wisata ini juga mempunyai fasilitas yang baik seperti Warung makan, tempat bilas, Kios yang menjual berbagai macam souvenir seperti kaos dan pernak pernik lainnya, tedapat juga mushola dan toilet bersih.

Harga Tiket dan Akses Menuju Wisata Curug Cikaso

Pertigaan Menuju Air Terjun Cikaso
Pertigaan Menuju Air Terjun Cikaso

Biaya untuk masuk ke area Air Terjun Cikaso berkisar Rp. 3.000,- per orang. Untuk menuju wilayah wisata ini memang cukup sulit karena tempatnya yang bersembunyi di area hutan Sukabumi. Dari Kota Surade kita menuju Jalan Raya Cikaso, tepatnya di pertigaan menuju curug. Dari pertigaan tersebut kita yang membawa kendaraan sendiri bisa parkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati sawah dan lading penduduk dengan jarak sekitar dua kilometer menuju lokasi Curug.

Jika bagi anda malas berjalan kaki, anda bisa menyewa sampan perahu yang disediakan masyarakat untuk menyusuri sungai Cikaso. Harga sewa antara Rp. 75.000,- hingga Rp. 90.000,- untuk sepuluh hingga tiga belas orang. Setelah sampai di daratan kita bisa melanjutkan petualangan dengan berjalan sekitar 100 meter menuju tempat wisata Curug Cikaso Sukabumi.

Sampan Perahu Yang di Sewakan Jika Anda Malas Berjalan
Sampan Perahu Yang di Sewakan Jika Anda Malas Berjalan

Comments

comments

  • Bhibin Cptr

    Selamat menikmati sajian informasi dari kami tentang portal informasi wisata di Pulau Jawa, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pencari informasi.

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.