Benteng Portugis Jepara, Menjelajahi Alam Pantai Bernuansa Kolonial

Gerbang Menuju Kawasan Pantai Benteng Portugis Jepara

PaketWisataJawa.comBenteng Portugis Jepara merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah. Tempat Bersejarah pada zaman penjajahan Indonesia oleh bangsa Portugis yang di jadikan objek wisata oleh pemerintah jepara. Benteng yang berada di tepi pantai ini juga abadikan sebagai Cagar Budaya oleh pemerintah sehingga sangat di lindungi dan terawat.

Sejarah Benteng Portugis di Pantai Jepara

Awal mula disebutnya benteng portugis tentu tidak lepas dengan sejarah berdirinya benteng tersebut, yaitu ketika bangsa Indonesia khususnya kota Jayakarta telah dijajah oleh Belanda, Sultan Agung (seorang raja di Mataram) ingin mengusir Belanda. Usaha pengusiran Belanda melalui agkatan laut telah gagal, sehingga Sultan Agung berusaha untuk kedua kalinya untuk mengusir Belanda. Keberhasilan Raja Mataram mengusir Belanda dibantu oleh bangsa Portugis sehingga tempat ini disebut benteng portugis.

Sejak dulu, Benteng portugis menjadi salah satu jalur pelayaran kapal dari Jepara ke Indonesia pada bagian timur. Selain itu, tempat ini dulu juga dijadikan sebagai tempat kepentingan militer dengan alasan sisi letak yang sanagat strategis yaitu bangunan benteng ini berada di atas bukit, dan benteng ini juga dekat dengan laut sehingga tembakan meriam yang ditujukan lebih mudah terkena sasaran, dan lebih mudah membawa senjata memalui angkatan laut.

Objek Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Salah Satu Peninggalan Benteng Portugis Yang Bisa Kita Lihat
Salah Satu Peninggalan Benteng Portugis Yang Bisa Kita Lihat

Benteng portugis merupakan tempat bersejarah yang dijadikan tempat wisata. Selain itu, tempat wisata pantai dengan Benteng ini juga dijadikan sebagai cagar budaya yang dilindungi oleh Pemerintah. Tempat wisata alam ini mudah diakses oleh siapa saja, dan dimanapun anda berada. Jika anda berada di Kota Jepara, anda berjalan ke arah Timur, sesampai di desa Sambungoyot, anda belok kiri arah ke desa Banyumanis (lihat papan penunjuk arah), berjalan lurus hingga anda menemukan kawasan wisata benteng portugis.

Jarak dari Jepara menuju benteng portugis sekitar 45 km sehingga anda membutuhkan kira-kira satu jam dalam perjalanan. Namun, jika berada di kota Pati, anda cukup berjalan ke arah Barat, anda akan melewati Kecamatan Tayu, kemudian jika sampai desa sambungoyot anda belok kanan ke desa Banyumanis, jalan lurus hingga tempat menemukan kawasan wisata gua manik dan benteng portugis.

Suasana Pantai dari Bawah Benteng
Suasana Pantai dari Bawah Benteng

Tempat wisata benteng portugis memiliki panorama alam yang indah sehingga mampu memikat para pengunjung. Berbagai pemandangan yang disuguhkan dari tempat wisata pantai benteng adalah dibangunnya bukit batu yang berada di sisi pantai, di atas bukit terdapat berbagai peninggalan bangsa Portugis, terdapat tembok-tembok pengintai peninggalan Jepang, dan di sebelah Utara benteng juga terdapat Pulau Mandalika.

Bagi anda pengunjung yang gemar berfoto sebagai koleksi pribadi, jangan khawatir karena tempat wisata benteng portugis sangat lengkap di berbagai perangainya. Pemandangan yang elok dan luar biasa di sekitar benteng, gunung-gunung indah, hamparan luas pantai yang menyejukkan hati, di seberang terdapat pulau Mandalika, terdapat berbagai lempengan batu dan paras putih, pohon-pohon besar yang rindang, berbagai tangga yang dikelilingi tumbuhan, di atas bukit terdapat tembak berbagai peninggalan Jepang, dan tempat-tempat serta sudut indah lainnya.

Fasilitas di Tempat Wisata Pantai Benteng Portugis

Taman di Benteng Tempat Untuk Istirahat
Taman di Benteng Tempat Untuk Istirahat

Hal lain yang dapat dinikmati pengunjung di Tempat Wisata Benteng Portugis ini adalah tersedianya berbagai fasilitas seperti tempat karaoke, tempat untuk berkumpul keluarga, tempat bersantai, musholla, tempat bilas bagi yang setelah mandi di pantai dan juga terdapat berbagai jenis permainan anak-anak seperti ayunan, seluncuran dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk di Area Wisata Pantai Benteng Portugis

Untuk harga tiket masuk berbeda-beda. Untuk hari-hari biasa anda cukup membayar Rp. 3500,- perorang dan kendaraan pribadi boleh di bawa masuk untuk mengelilingi tempat wisata dan naik ke atas bukit. Sedangkan pada hari libur minggu tiket menjadi Rp.5.000,- perorang, dan pada hari libur special seperti hari raya dan libur tertentu harga tiket naik Rp. 8.000,- perorang. Biaya tiket masuk sudah termasuk biaya parkir.

Area Taman di Atas Benteng, Nikmati Pemandangan Pantai di sini
Area Taman di Atas Benteng, Nikmati Pemandangan Pantai di sini

Tempat wisata Benteng Portugis Jepara dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore. Jadi bagi anda yang sudah penat dalam bekerja, atau ingin rekreasi bersama keluarga jangan khawatir untuk mengatur jadwal dan bingung memilih hari kapan bisa mengunjungi tempat wisata alam yang indah dan bersejarah ini.

Related Post

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.