Kesejukan Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Kesejukan Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura, Wisata Alam dengan Pemandangan yang Mempesona

Diposting pada

PaketWisataJawa.comAir Terjun Madakaripura merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Probolinggo, tepatnya berada Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Awal mula penyebutan objek wisata air terjun Madakaripura ini tentu ada kaitannya dengan sejarah kerajaan Majapahit.

Sejarah Air Terjun Madakaripura Jawa Timur

Madakaripura merupakan tanda perdikan yang diberikan oleh Raja majapahit kepada mahapatihnya yang bernama Gajahmada. Pemberian perdikan ini sebagai hadiah atas kerja keras Gajahmada membela kerajaan dari ancaman musuh serta penghargaan atas keuletannya untuk menyatukan Nusantara.

Sedangkan di kawasan air terjun ini sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan Gajahmada sehingga jadilah nama yang sampai saat ini dikenal sebagai objek wisata air terjun madakaripura.

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Madakaripura

Akses menuju objek wisata air terjun Madakaripura sangat mudah, berada di Jalan Surabaya – Bromo sehingga dapat capai dari Kota Malang dapat pula ditempuh dari Kota Porbolinggo. Bagi anda para wisatawan yang menggunakan kendaraan umum dari Kota Porbolinggo anda dapat naik bus arah Tongas. Nah, dari Tongas anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum hingga sampai di Gerbang masuk wisata.

Dari gerbang pintu masuk wisata anda masih harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, jadi pastikan kondisi kesehatan anda baik-baik saja, pakailah alas kaki yang nyaman. Dari gerbang sampai di air tejun anda harus menempuhnya kurang lebih 60 menit perjalanan, namun jangan khawatir karena di sepanjang perjalanan mata anda akan dimanjakan pemandangan indah sungai, tebing dan area perbukitan.

Sedangkan bagi anda yang berangkat dari Surabaya anda dapat berjalan menuju Lumbang melalui jalur Pasuruan – Purbolingggo dengan naik angkutan umum jurusan Lumbang – Bromo. Nah, dari sana anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Negororejo dengan naik angkutan hingga sampai di lokasi wisata air terjun madakaripura.

Biasanya para pengunjung yang belibur ke objek wisaa air terjun Madakaripura adalah para wisatawan tour Bromo karena dari Tongas anda dapat berjlan balik ke Porbolinggo dan melanjutkan perjalanan menuju gunung Bromo atau cukup minta para driver mengantar anda pada tujuan wisata anda.

Objek Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Objek Wisata Air Terjun Madakaripura memiliki keindahan alam yang luar biasa dan tidak ada duanya, berada dalam kawasan Taman Wisata Bromo Tengger Semeru memiliki destinasi yang menarik dan rekomendit sehingga mampu menarik perhatian para wisatwan baik wisawawan lokal maupun wisatawan asing. Air terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi yang berada di pulau Jawa serta memiliki urutan tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 200 meter air terjun ini berbentuk ceruk yang mampu mengalirkan air ke seluruh bidang tebing.

Bagi anda para wisatawan terutama yang suka berpetualang jangan lewatkan untuk datang dan menikmati keindahannya, tebing yang melingkar di sisi air terjun mampu menambah cantiknya pemandangan, rindangnya pohon yang mampu menambah asrinya lingkungan wisata serta udaranya yang sejuk mampu membuat pengunjung merasa nyaman hingga enggan meninggalkan kawasan wisata, mengalirnya air dari atas tebing membuat tempat wisata menjadi sempurna seolah membawa kita berada di bagian sungai taman surga. Selain itu, pemandangan elok air terjun juga dapat anda nikmati ketika terdapat pelangi dan ketika matahari sedang bersinar cerah.

Kabar gembira buat anda para wisatawan bahwa objek wisata air terjun Madakaripura dibuka setiap hari untuk umum, anda juga tidak dikenakan biaya tiket masuk hanya saja terdapat jasa-jasa yang siap membawa tas dan barang anda hingga ke lokasi wisata air terjun. Namun bagi anda yang kurang yakin dan masih kuat membawa barang bawaan anda yach sebaiknya di bawa sendiri. Bagi anda para pengunjung untuk tetap waspada karena biasanya terdapat oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab sehingga barang anda akan digeledah jadi pastikan barang berharga tetap aman dalam tangan anda.

Tempat wisata air terjun Madakaripura memang telah diakui keindahannya yang menakjubkan, kondisi alamnya terlihat masih sangat natural. Namun mungkin bagi anda yang baru datang pertama kali di objek wisata air terjun ini merasa merinding dengan hawa mistis. Jangan khawatir yach karena pengunjung yang memiliki niat baik, datang hanya untuk berlibur pasti tidak terjadi apa-apa.

Keindahan objek wisata air terjun madakaripura memang terbukti nyatanya jadi sangat cocok sekali untuk berfoto. Jadi bagi anda para wisatawan yang datang bersama keluarga, teman atau kerabat pastikan anda mengambil gambar di semua sudut kawasan wisata karena selain begraundnya terlihat indah tempatnya juga nyaman. Nah, dari semua hasil jepretan dapat anda jadikan sebagai kenang-kenangan atau sebagai koleksi foto pribadi.

Himbauan bagi anda para wisatawan untuk dapat meninggalkan tempat wisata air terjun Madakaripura sebelum pukul 14.00 siang karena biasanya sering terjadi hujan di sore hari yang dapat menyebabkan debit air bertambah sehingga anda dapat terjebak dan memungkinkan anda untuk sulit kembali. Dan untuk para pengunjung yang hendak meninggalkan kawasan wisata air terjun madakaripura pastikan tidak ada sampah yang tertinggal karena selain untuk menjaga kebersihan juga demi lestarinya lingkungan wisata.

Gambar Gravatar
Kita akan menuai apa yang kita tanam. Berbuat baik akan mendapat hal baik, begitu juga sebaliknya. Terus Belajar dan Belajar Menulis untuk menuai hasil karya yg baik.

Tinggalkan Balasan